Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Lesson Study For Learning Community (Lslc) Pada Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Meningkatkan Berfikir Kreatif Siswa
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development model Thiagarajan). Subjek uji coba pengembangan adalah siswa kelas VIII A (28 siswa) di SMP Islam Darul Hidayah tahun ajaran 2017/2018. Adapun data yang digunakan yakni hasil validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian, hasil observasi aktivitas siswa, observasi aktifitas guru, hasil angket respon siswa, hasil tes belajar (THB).
Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran dikatakn valid, praktis dan efektif. Rata-rata keseluruhan nilai validasi RPP, LKS, dan THB berturut-turut sebesar 3,75 ; 3,7 dan 3,72, sedangkan rata-rata keseluruhan nilai validasi instrumen penelitian sebesar 3,72 . Kepraktisan ditinjau dari rata-rata nilai observasi aktifitas guru sebesar 3,78. Aspek keefektifan ditinjau dari hasil observasi aktifitas siswa yakni 3,42; hasil THB memenuhi ketuntasan individual dan klasikal dengan nilai rata-rata siswa 76,1 dan presentase ketuntasan sebesar 78,57%; dan hasil angket respon siswa menunjukkan respon positif yakni presentase nilai rata-rata untuk jawaban “ya” pada semua aspek adalah 92,2%; hasil berfikir kreatif siswa meningkat dilihat dari hasil skor keterampilan berfikir kreatif nilai pre test dan post test yaitu dengan kriteria rendah 26 siswa menjadi 6 siswa, kriteria sedang 2 siswa meningkat menjadi 18 siswa dan kriteria tinggi 0 siswa meningkat menjadi 4 siswa.