Pengaruh Website Quality, E-service Quality, dan Online Brand Community Terhadap Brand Loyalty Pelanggan E-commerce Bukalapak (Studi Pada Komunitas BRCC di Banyuwangi)
Abstract
dilakukan secara instan, telah memunculkan metode bisnis baru yaitu
melakukan aktifitas jual beli tanpa perlu berhadapan muka langsung dengan
penjual ataupun pembeli (E-commerce). Semakin tinggi minat masyarakat
melakukan aktifitas jual beli secara online, telah membuat persaingan industri Ecommerce berbasis C2C (Konsumen-ke-konsumen) semakin ketat. Sejak tahun
2010 di Indonesia telah berdiri beberapa E-commrece dan yang terbesar
diantaranya yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Bukalapak merupakan E-commerce
yang memiliki pelanggan loyal terbesar di Indonesia (Retno, 2017).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kualitas situs web, kualitas
layanan elektronik, dan komunitas merek yang ada di dunia maya berpengaruh
terhadap loyalitas merek pelanggan Bukalapak. Variabel independen yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu Website Quality, E-service Quality, dan
Online Brand Community sedangkan variabel dependen yang digunakan yaitu
Brand Loyalty. Oleh karena itu, Penelitian ini merupakan penelitian explanatory
research, yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan antar variabel. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi
penelitian yaitu komunitas BRCC di Banyuwangi. Sampel yang diambil adalah
anggota BRCC yang memiliki sikap loyal terhadap merek Bukalapak sejumlah 90
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier
berganda dengan bantuan SPSS 23.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa variabel Website Quality, Eservice Quality, dan Online Brand Community berpengaruh signifikan terhadap
Brand Loyalty pelanggan Bukalapak. Variabel yang paling dominan dalam
mempengaruhi loyalitas merek pelanggan Bukalapak adalah variabel E-service
Quality. Kesimpulan yang didapati dalam penelitian ini yaitu bahwa
meningkatkan kualitas situs web, meningkatkan kualitas layanan elektronik, dan
membangun komunitas merek Bukalapak di dunia maya adalah langkah yang
tepat bagi e-marketer untuk meningkatkan loyalitas konsumen pada merek
Bukalapak.