Pengaruh Customer Relationship Marketing Terhadap Customer Loyalty Melalui Customer Trust Pada Toko Buku Gramedia Jember
Abstract
Dunia bisnis yang semakit ketat saat ini, menuntut para pelaku usaha untuk
merencanakan kegiatan pemasaran yang dapat mempertahankan kelangsungan
hidup usahanya. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda- beda dengan
tujuan untuk memenangkan kompetisi bisnis. Manajer pemasaran terus berusaha
keras untuk mengucurkan sumber daya sebanyak mungkin guna mengubah mimpi
menjadi program kerja. Program kerja tersebut akan dirancang untuk memuaskan
pelanggan yang sudah ada dan membangun hubungan yang stabil jangka panjang
dengan pelanggan. Menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan
tujuan meningkatkan loyalitas pelanggan merupakan prioritas utama bagi
kebanyakan perusahaan. Peningkatan loyalitas pelanggan menjadi prioritas utama
bagi perusahaan karena akan berdampak pada keuntungan perusahaan. Perusahaan
yang melakukan hubungan kuat dan harmonis dengan pelanggan akan menciptakan
loyalitas pelanggan. Perusahaan yang mengimplementasi hubungan baik jangka
panjang dengan pelanggan atau customer relationship marketing juga akan dapat
menumbuhkan customer trust atau kepercayaan pelanggan. Terciptanya customer
trust mengakibatkan munculnya loyalitas pelanggan atau customer loyalty. tujuan
dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh customer
relationship marketing terhadap customer loyalty melalui customer trust pada Toko
buku Gramedia Jember.
Objek pada penelitian ini adalah TB Gramedia Jember, dengan populasi
dalam penelitian ini adalah semua pelanggan membership TB Gramedia Jember,
sedangkan sampel penelitian ini adalah pelanggan membership yang datang dan
berada di lantai II toko buku Gramedia pada pukul 10.00 - 11.30, 13.00 – 14.30,
15.30 – 17.00, dan 19.00 – 20.30 WIB. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah
120 responden, yang diperoleh dari seluruh indikator dikalikan dengan 8. Dalam
penelitian ini jumlah indikator seluruhnya adalah 15. Metode analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah analisis jalur, untuk mengetahui pengaruh
secara langsung dan tidak langsung masing – masing variabel.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan tentang pengaruh customer
relationship terhadap customer loyalty melalui customer trust pada toko buku
Gramedia Jember, maka dapat disimpulkan bahwa variabel berpengaruh positif dan
signifikan terhadap variabel customer trust dan customer loyalty. variabel customer
trust juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel customer loyalty
pada TB Gramedia Jember.
Collections
Related items
Showing items related by title, author, creator and subject.
-
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Bengkel Honda Ahass Rey Raf Motor Jember (The Influence Of Relationship Marketing On Customer Loyalty In The Garage Honda Motorcycle Ahass Rey Raf Jember)
AKBAR RAHMANA, RIZAL (UNEJ PRESS, 2016)Penelitian ini adalah bertujuan : 1) Untuk mengetahui dan menganalisis apakah customer retention berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Bengkel Honda AHASS Rey Raf Motor Jember; 2) Untuk mengetahui dan menganalisis ... -
PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP CUSTOMER LOYALTY MELALUI CUSTOMER TRUST PADA TOKO BUKU GRAMEDIA JEMBER
IDRIS, MOHAMMADDunia bisnis yang semakit ketat saat ini, menuntut para pelaku usaha untuk merencanakan kegiatan pemasaran yang dapat mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda- beda dengan ... -
Relationship Marketing: Satisfaction and Loyalty on Expedition Customers in Indonesia
Yulisetiarini, Diah; Susanto, Arnis Budi (2019-03-13)This research aims to analyze the effect of relationship marketing on customers’ satisfaction and their loyalty as their satisfaction. Literature on relationship marketing in developing country has a unique characteristic. ...