Show simple item record

dc.contributor.authorSudarsono, Sudarsono
dc.date.accessioned2019-07-23T03:24:39Z
dc.date.available2019-07-23T03:24:39Z
dc.date.issued2019-07-23
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91369
dc.description.abstractPembelajar otonomi atau mandiri (PM) masih menjadi topik yang menarik dan tren untuk praktisi Bahasa Inggris, baik guru atau peneliti. Mempromosikan pembelajar mandiri harus dimulai lebih awal pada semua tingkatan umur di sekolah atau di rumah. Makalah penelitian ini melaporkan temuan-temuan tentang bagaimana guru bahasa Inggris sekolah menengah atas mempersepsi konsep PM dan sejauh mana praktik mengajar bahasa Inggris untuk mempromosikan PM. Pesertanya adalah 33 guru Bahasa Inggris SMA dan swasta negeri yang bergabung dengan program MGMP. Data, dikumpulkan melalui kuesioner dan wawancara, dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Temuan mengungkapkan bahwa 97% peserta setuju atau tidak setuju bahwa studi independen di perpustakaan adalah kegiatan yang mengembangkan pembelajar mandiri; 94% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pembelajar mandiri dipromosikan ketika peserta didik memiliki beberapa pilihan dalam jenis kegiatan yang mereka lakukan; 88% dari peserta setuju atau sangat setuju bahwa pelajar bahasa dari segala usia dapat mengembangkan pembelajar mandiri; 82% peserta sering atau selalu melakukan kegiatan untuk mempromosikan pembelajar mandiri seperti mendorong siswa untuk tidak takut membuat kesalahan dan meminta siswa untuk melakukan kerja sama dan pembelajaran sebaya jika memungkinkan. Implikasi dari penelitian ini adalah untuk pengembangan profesional guru dan untuk mempromosikan pembelajar mandiri di tingkat sekolah menengah atas.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectguru bahasa Inggrisen_US
dc.subjectpersepsien_US
dc.subjectpraktiken_US
dc.subjectpromosien_US
dc.subjectpembelajar mandirien_US
dc.titleEvaluasi Persepsi dan Praktek Para Guru Bahasa Inggris SMAN se Kabupaten Jember Tentang Pembelajar Mandirien_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record