dc.description.abstract | Apa yang menarik dari buku berjudul Kinerja
Pendidikan Kabupaten Jember Tahun 2018 ini? Selain tim
peneliti mampu me nyam paikan data secara riil dengan
kajian analisis yang mendalam dan jujur, juga keruntutan
pola pikir yang dinarasikan sehingga menempatkan teori
kebijakan pendidikan bertali temali dengan praktik kebijakan
yang dilaksanakan. Sudut pandang kebijakan pen didikan
yang diacu untuk menganalisis kinerja bidang pen didikan
bukan persoalan mudah. Namun dalam buku ini, tim peneliti/
penulis begitu gamblang men jelas kannya.
Akan tetapi, karena variabel lain yang sebetulnya
sangat subs tantif, yakni peran anggaran pendidikan dan
karakteristik pene rima manfaat yang heterogen kurang mendapatkan porsi besar analisis, maka ada kesan hasil riset
ini kurang mendalam. Misal nya saja bagaimana menjawab
pertanyaan mengapa Program Pen didikan Gratis kurang
berhasil menarik minat para praktisi pen didikan seperti guru
dan kepala sekolah dibanding dengan di mata para siswa dan
orangtuanya? Hal itu kurang digali dalam buku ini. Namun
demikian, alihalih tim peneliti tidak menyimpang dari tujuan
utamanya, maka buku ini sebetulnya sudah gamblang me
narasikan kinerja para praktisi pendidikan pada umunya,
dan Kabu paten Jember pada khususnya. Hasilhasil analisis
deskriptif menjadi mudah dipahami karena berada dalam
konteks fokus kajian.
Secara substansial buku ini layak dikaji oleh para
akademisi bidang pendidikan, para pemangku kepentingan
dan para praktisi maupun pelaksana kebijakan pendidikan di
level mana pun. Sebab kajian seperti ini selain menjadikan
birokrasi semakin terbuka, juga partisipasi masyarakat perlu
mendapat perhatian terus menerus sebagai kanal kepuasan
kerja birokrasi dan bagian dari bukti transparansi publik. | en_US |