Memicu Impulse Buying Berbasis Brand Personality, Promotion, Dan Service Scape Dengan Mediasi Shoping Emotion Produk Wardah Di Roxy Banyuwangi
Abstract
Semakin terasa bahwa kebutuhan kosmetik yang beraneka bentuk dengan ragam warna dan keunikan kemasan serta keunggulan dalam memberikan fungsi bagi setiap konsumen yang mana akan semakin menuntut industri kosmetik untuk semakin terpicu mengembangkan teknologi yang tidak saja mencakup peruntukkannya dari kosmetik itu sendiri namun juga kepraktisan didalam penggunaannya.. Dalam persaingan bisnis, syarat agar suatu perusahaan dapat sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya. Demikian halnya dengan produk Wardah, harus berusaha keras untuk memenangkan persaingan agar bisa selalu dihati konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh langsung brand personality, promosi, dan servicescape terhadap impulse buying melalui mediasi shopping emotion produk wardah di roxy Banyuwangi. Penelitian juga dilakukan untuk mengetahui pengarih tidak langsung brand personality, promosi, dan servicescape terhadap impulse buying melalui mediasi shopping emotion produk wardah di roxy Banyuwangi.
Penelitian ini dilakukan di roxy Banyuwangi di outlet wardah kosmetik Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 140 orang. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Structural Equation Modelling (SEM) untuk mengetahui pengaruh langsung maupun tidak langsung antara variabel bebas dengan variabel terikat.Hasil penelitian ini adalah brand personality berpengaruh signifikan terhadap shopping emotion. Promosi berpengaruh signifikan terhadap shopping emotion Servicescape berpengaruh signifikan terhadap shopping. Brand personality berpengaruh signifikan terhadap impulse buying . Promosi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Servicescape berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Shopping emotion berpengaruh signifikan terhadap impulse buying. Mediasi shoping emotion dalam pengaruh brand personality terhadap impulse buying di Roxy Banyuwangi menunjukan hasil yang signifikan dan berpengaruh positiv. Mediasi shoping emotion dalam pengaruh promosi terhadap impulse buying di Roxy Banyuwangi menunjukan hasil yang signifikan dan positiv. Mediasi shoping emotion dalam pengaruh servicescape terhadap impulse buying di Roxy banyuwangi menunjukan hasil yang signifikan dan memiliki pengaruh positiv.
Pihak penyedia produk kosmetik wardah, dihimbau dapat meningkatkan brand personality dari produk yang telah ada dan produk baru yang ditawarkan kepara para pelanggannya. Lebih meningkatkan promosi penjualan yang dilakukan dengan cara memberikan tester dan penawaran harga yang lebih sesuai terhadap produk baru yang ditawarkannya serta mengevaluasi dan meningkatkan servicescape dari layanan yang digunakan dalam penawaran produk yang telah dilakukan kepada para pelanggannya. Diharapkan pada peneliti selanjutnya bisa mencantumkan responden laki-laki karena dengan adanya responden perempuan saja menunjukan hasil bahwa shoping emotion tidak begitu penting dalam pengaruh tidak lansung. Mungkin dengan beberapa alasan mencatumkan konsumen laki-laki karna bisa jadi orang laki-laki dalam melakukan impuls buying lebih menggunakan moodnya daripada faktor-faktor dalam indikator impulse buying.