Interferensi Leksikal Bahasa Jawa ke dalam Bahasa Indonesia Pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Sekar Arum Banyuwangi
Abstract
Interferensi adalah peristiwa kontak bahasa antara satu bahasa dengan
lainnya saling berpengaruh, sehingga saling mengacaukan sistem dari masingmasing
bahasa tersebut. Pada anak usia 3-4 tahun yang sedang menempuh bangku
PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) sering ditemukan interferensi leksikal yang
berupa kosa kata dari unsur bahasa daerah ke dalam bahasa Indonesia. Interferensi
leksikal cenderung lebih banyak ditemukan daripada jenis interferensi yang lain
karena interferensi leksikal lebih mudah dan sering terjadi pada masyarakat yang
memiliki kecenderungan sebagai dwibahasawan seperti halnya di Indonesia.
Penelitian ini difokuskan pada interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa
Indonesia. Anak usia 3-4 tahun masih mengalami perkembangan bahasa,sehingga
tanpa mereka sadari bahasa pertama masih mempengaruhi. Jika bahasa anak tidak
diperhatikan sejak dini akan terbawa sampai ia dewasa, sehingga peran guru
sangat penting dalam hal ini. Guru harus memperhatikan bahasa yang diucapkan
anak ketika ia mengikuti pembelajaran PAUD agar tidak banyak mengalami
interferensi.
Penelitian ini mendeskripsikan mengenai (1) interferensi leksikal bahasa
Jawa ke dalam bahasa Indonesia yang diucapkan anak usia 3-4 tahun berdasarkan
kategori kata, (2) interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia
yang diucapkan anak usia 3-4 tahun berdasarkan makna leksikal. Penelitian ini
menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif.
Data dalam penelitian ini berupa tuturan anak usia 3-4 tahun yang diindikasi
adanya interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia dalam
kategori kata dan makna leksikalnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian
ini dilakukan dengan cara observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
terdiri atas, (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kategori kata yang muncul pada
interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia yang digunakan
siswa yaitu : kata kerja, kata benda, kata sifat, kata ganti, dan kata penghubung.
Kategori kata yang tidak muncul dalam data adalah kata sapaan, kata partikel,
kata penunjuk, kata bilangan, kata penyangkal, kata depan, dan kata sandang.
Makna interferensi leksikal bahasa Jawa ke dalam bahasa Indonesia pada anak
usia 3-4 tahun di PAUD Sekar Arum yaitu, makna konseptual. Makna konseptual
atau makna langsung berkenaan adalah makna kata yang didasarkan atas
penunjukkan yang langsung pada objek di luar bahasa. Makna yang tidak muncul
dalam data yaitu makna kiasan.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka saran yang dapat
diberikan sebagai berikut. (1) Bagi guru di sekolah terutama PAUD, penelitian ini
diharapkan untuk guru lebih memperhatikan kosa kata yang digunakan siswa pada
saat pembelajaran agar meminimalisir terjadinya interferensi sejak dini. (2) Bagi
mahasiswa dan pengajar mata kuliah sosiolinguistik, hasil penelitian ini dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi dalam perkuliahan. (3) Bagi peneliti lain, hasil
penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan
penelitian yang sejenis dengan ruang lingkup yang lebih luas, antara lain faktorfaktor
penyebab atau yang mempengaruhi terjadinya interferensi.