• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Proses BerpIkIr Siswa Tunadaksa Cerebral Palsy dalam Mendefinisikan Bangun Ruang Geometri

    Thumbnail
    View/Open
    Tantri Cahya Idhami-150210101036_compressed.pdf (1.733Mb)
    Date
    2019-06-08
    Author
    Idhami, Tantri Cahya
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Proses berpikir adalah aktivitas mental dalam mendefinisikan, menentukan keputusan dan menarik kesimpulan pada suatu masalah geometri. Tujuan penelitian untuk mengetahui proses berpikir siswa tunadaksa cerebral palsy dalam mendefinisikan bangun ruang geornetri. Tak terkecuali anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) khususnya Tunadaksa Cerebral Palsy. Cerebral Palsy (CP) adalah sebutan untuk seseorang yang memiliki anggota tubuh yang tidak sempuma karena penyakit ataupun pertumbuhan yang tidak sempurna yang berpengaruh terhadap pengendalian sistem motorik sebagai akibat gangguan perkembangan atau kerusakan sebagian dari otak. Anak normal, biasanya dalam mendefinisikan bangun ruang geometri dapat melihat atau mencari bentuk benda di sekitarnya, tetapi pada ABK khususnya tunadaksa cerebral palsy mengalami kesulitan dalam hal bergerak, bertindak dan untuk melaksanakan kegiatan sesuai yang diinginkan. Sehingga, perlunya seseorang yang lebih dekat dengan mereka yakni salah satunya guru dapat memberikan fasilitas berbagai bentuk bangun ruang geometri yang telah didesain terlebih dahulu. Pada awalnya, lembar kerja yang diberikan kepada siswa akan membuat siswa mengalami disequilibrium (ketidakseimbangan), dan mendorong siswa untuk melakukan adaptasi yaitu asimilasi dan akomodasi sehingga pada akhimya akan menuju equilibrium (keseimbangan). Penelitian ini dilakukan analisis terhadap proses berpikir 2 siswa tunadaksa cerebral palsy dalam mendefinisikan bangun ruang geometri di SMPLB-D YPAC Kaliwates-Jember. Jenis penelitian ini adalah deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni lembar kerja dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil jawaban siswa saat tes lembar kerja dan wawancara dalam mendefinisikan bangun ruang geometri (prisma balok dan kubus). Hasil analisis dan pembahasan terhadap tes lembar kerja terkait mendefinisikan bangun ruang geometri (prisma balok dan kubus) dan juga wawancara mendalam. Kedua subjek mengalami disequilibrium ketika kedua subjek hanya diam dan tidak mampu menjawab apa yang ditanyakan terkait pengetahuan awal bangun ruang geometri (prisma, balok dan kubus) pada topik I. Selanjutnya, kedua subjek mengalami asimilasi meskipun diawalnya S2 sempat mengalami disequilibrium, tetapi pada akhirnya juga mengikuti S1. Ketika kedua subjek langsung dapat menjawab pertanyaan pada lembar kerja pada topik II dengan spontan tanpa menghiraukan salah atau benar pertanyaan yakni contoh benda yang mirip bangun ruang geometri (prisma balok dan kubus). Terakhir, kedua subjek mengalami akomodasi ketika terdiam sejenak sebelum menjawab dengan benar pertanyaan dari peneliti dan sebelum menceritakan kembali jawaban yang telah ditulis ketika menjawab pertanyaan pada topik III yang merupakan inti dari penelitian ini yaitu mengetahui proses berpikir siswa tunadaksa cerebral palsy dalam mendefinisikan bangun ruang geometri (prisma balok dan kubus).
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91146
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository