Penerapan Pembelajaran Science-edutainment dengan Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Materi Cahaya di SDN Karangrejo 02 Jember 2018/ 2019
Abstract
Sekolah yang berada langsung di jalan raya membuat guru harus secara kreatif mengemas pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran animasi bertujuan agar siswa lebih mudah dalam menerima materi pembelajaran, yang berisi materi sifat-sifat cahaya, hiburan dan melakukan suatu percobaan. Berdasarkan pernyataan tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pembelajaran Science-edutainment dengan media animasi untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV materi cahaya di SDN Karangrejo 02 Jember tahun pelajaran 2018/2019.
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV materi cahaya di SDN Karangrejo 02 Jember tahun pelajaran 2018/ 2019. Penelitian dilaksanakan di SDN Karangrejo 02 Jember dimulai tanggal 01 September 2018 sampai 27 November 2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi.