• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengembangan Model Pembelajaran NODAR (Numbering, Observing, Discussing, Answering, Repetition) Berbasis Pendekatan BBL (Brain-Based Learning) dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Retensi dan Hasil Belajar Siswa di Wilayah Pesisir

    Thumbnail
    View/Open
    Ramawati Dwi Wahyuningtiyas-140210103052.pdf (3.778Mb)
    Date
    2019-06-08
    Author
    Wahyuningtiyas, Ramawati Dwi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Wilayah Indonesia merupakan wilayah taut yang luas dan memiliki potensi sumber daya pesisir yang besar. Kenyataanya, sebagian besar masyarakat pesisir berpendapatan rendah yang mengakibatkan rendahnya kesejahteraan masyarakat pesisir. Salah satu penyebab pendapatan dan kesejahteraan yang rendah adalah pendidikan yang rendah dan perlu ditingkatkan melalui peningkatan sumber daya manusia. Peningkatan sumber daya manusia dapat dilakukan di bidang pendidikan. Permasalahan pendidikan di wilayah pesisir adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar. Kurangnya motivasi belajar berpengaruh pada basil belajar yang rendah pula. Selain hasil belajar, kurangnya motivasi belajar berpengaruh pada retensi siswa terhadap materi. Upaya yang dapat dilakukan untuk membuat suasana pembelajaran kWh menyenangkan adalah dengan pengembangan model pembelajaran yang lebih bervariasi. Pengembangan model pembelajaran yang dilakukan yaitu model mengkombinasikan pembelajaran NHT dan AIR. Berdasarkan kelebihan dan kelemahan dari kedua model tersebut dipadukan dengan pendekatan BBL. Model pembelajaran NHT mereduksi, kelemahan dari model pembelajaran AIR yakni, meningkatkan prestasi keaktifan, tanggung-jawab, rasa percaya diri, rasa ingin tahu, dan memperdalam pengetahuan siswa serta membuat siswa senang dalam pembelajaran. Model pembelajaran NODAR berbasis BBL mampu menjadikan suasana pembelajaran di kelas lebih menyenangkan. Selain itu, model pembelajaran NODAR berbasis BBL berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91142
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository