Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achivement Division) Berbantuan Media. Gambar untuk Meningkatkan Keterampilan Menulls Puisi Bebas Kelas V SDN Gumukmas 2 Jember
Abstract
Menulis merupakan suatu keterampilan bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung untuk menyampaikan ide atau gagasan. Dalam KTSP mata pelajaran bahasa Indonesia untuk SD kelas V semester 2, kompetensi dasar yang dicapai siswa dalam menulis adalah menulis puisi bebas.
Berdasarkan hasil observasi di SDN Gumukmas 02 Jember diketahui bahwa terdapat permasalahan dalam menulis puisi bebas, yaitu: (1) kurangnya pembendaharaan kata dalam bahasa Indonesia yang dikuasai siswa, (2) rendahnya minat siswa dalam menulis, (3) rendahnya pemahaman siswa terhadap materi, (4) rendahnya model pembelajaran dan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Salah satu alternative untuk meningkatkan keterampilan menulis menulis siswa yaitu menerapkan model pembelajaran koopertaif tipe STAID berbantuan media gambar. Model tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa karena siswa dapat berdiskusi dengan teman sekelompok dan dapat menambah imajinasi siswa dalam menulis sebuah karangan dan karya sastra.
Berdasarkan uraian diatas, maka rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: a) Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Gumukmas 02 Jember tahun pelajaran 2017-2018?, b) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi bebas setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar pada siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN Gumukmas 02 Jember tahun pelajaran 2017-2018?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu; a) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar mata dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas siswa kelas V mata pelajaran bahasa. Indonesia di SDN Gumukmas 02 Jember semester genap tahun pelajaran 2017-2018, b) Untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar pada siswa kelas V mata pelajaran bahasa Indosia di SDN Gumukmas 02 Jember semester genap tahun pelajaran 2017-2018.
Subjek penelitian berdasarkan jumlah siswa yang telah ditentukan pada kelas V SDN Gumukmas 02 Jember Kecamatan Gumukmas Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK )
Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar yang dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi bebas kelas V SDN Gumukmas 02 Jember yaitu: 1. Guru lebih banyak memberi contoh pemilihan kata dan majas, dan 2. C_Turulebih menekankan penjelasan tentang pengertian puisi bebas yang tidak terikat oleh rima, irama, bait, bans, dan suku kata dalam puisi.
Terkait dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar, peningkatan keterampilan menulis puisi bebas dengan pemilihan kata yang tepat setelah dilakukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar pada siswa kelas V SDN Gumukmas 02 Jember dibuktikan dengan nilai rata-rata yang meningkat. Pada prasiklus sebesar 62%, kemudian terjadi peningkatan pada siklus I menjadi 86%, dan meningkat kembali pada siklus II menjadi 93%.
Saran bagi guru, hendaknya menjadimodel pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan media gambar sebagai salah satu alternative model dan media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Saran bagi peneliti, hendaknya dijadikan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya dan dijadikan acuan untuk melakukan penelitian yang sejenis.