Kepuasan Pelanggan Taxi Online Go-Car Wilayah Banyuwangi
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan kuesioner dalam memperoleh data yang akan diolah dan dianalisis. Populasi yang digunakan para pelanggan go-jek khususnya pada layanan go-car wilayah banyuwangi. Pengumpulan sampel menggunakan metode Random Sampling terhadap pelanggan go-car yang sering menggunakan jasa layanan go-car. Pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner serta menjelaskan kepada pelanggan ketika menggunakan jasa layanan go-car secara satu-persatu. Pengumpulan data dilakukan selama 2 bulan. Jumlah sampel yang digunakan dengan menggunakan rumus Taro Yamane, menghasilkan angka 83, Data yang didapat setelah membagikan kuesioner hanya menyisakan 78 data yang dapat diolah. Metode yang digunakan untuk analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan uji f untuk menguji kelayakan model dan uji t digunakan untuk mengetahui signifikan dari pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas sistem, kualitas informasi, dan kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan.