Pengaruh Servicescape terhadap Kepuasan Pelanggan pada Waroeng Spesial Sambal (SS) Jember
Abstract
Perkembangan sektor jasa pelayanan khususnya di bidang bisnis kuliner mengalami kemajuan yang pesat. Hal ini ditandai dengan terus bertambahnya jumlah bisnis kuliner yang ada di Jember, maka persaingan antar bisnis kuliner akan semakin meningkat. Salah satu strategi pemasaran yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha adalah layanan lingkungan fisik (servicescape) berupa kebersihan lingkungan, pencahayaan yang tepat, karyawan yang ramah, komponen estetika dan pengaturan interior yang menarik kepuasan pelanggan seringkali tidak diketahui secara nyata hanya berdasarkan jumlah kunjungan atau omzet penjualan saja. Tetapi dengan adanya servicescape yang sangat penting bagi pemasar jasa, karena servicescape bisa memainkan beberapa peran sekaligus, yaitu sebagai package, facilitator, socialize, dan differentiator.
Tujuan penelitian ini meliputi : untuk mengetahui pengaruh kondisi sekitar, ruang dan fungsi, simbol terhadap kepuasan pelanggan pada Waroeng Spesial Sambal (SS) Jember. karakteristik masalah yang diteliti dalam penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai explanatory research. jenis penelitian ini menggunakan explanatory research yaitu metode yang menjelaskan kedudukan variabel-variabel yang diteliti serta berpengaruh antar variabel independen terhadap variabel dependen. Maka data dikumpulkan dengan metode kueisioner.
Untuk menganalisis hubungan kausal antar variabel dan menguji hipotesis dalam penelitian ini secara sistematis, maka alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yaitu metode statistik yang digunakan untuk menguji hubungan antara dua atau lebih variabel bebas ( ) terhadap variabel terikat (Y).
Hasil analisis regresi linier berganda pada servicescape terhadap kepuasan pelanggan dalam penelitian ini juga terbukti. Hal ini terbukti dimana menunjukkan hubungan yang positif signifikan.