Penyusunan Laporan Keuangan Lembaga Pendidikan (Studi Kasus Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum Panti-Jember)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meneliti bentuk laporan keuangan yang diterapkan oleh lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum dan bagaimana mengkonstruksi laporan keuangan berdasarkan pendekatan Akuntansi Sektor Publik, yaitu Akuntansi Pendidikan. Objek penelitian ini yaitu Madrasah Tsanawiyah Bustanul Ulum yang terletak di Kecamatan Panti, Kabupaten Jember. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus, sehingga hal yang akan dilakukan peneliti yaitu bertujuan untuk mengetahui dan mengamati secara mendalam terkait bentuk laporan keuangan yang dicatat oleh MTs Bustanul Ulum dengan cara mengkontruksi laporan keuangan sesuai Akuntansi Pendidikan untuk Badan hukum Pendidikan Dasar dan Menengah (BHPDM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laporan keuangan yang diterapkan lembaga pendidikan MTs Bustanul Ulum terdiri dari dua pencatatan yaitu laporan aplikasi BOS dan laporan khusus yang dibuat MTs Bustanul Ulum terdiri atas buku kas masuk dan buku kas keluar. Laporan yang berasal dari dana BOS terdiri atas laporan rekapitulasi penggunaan dana BOS, laporan RKAM, buku kas umum, buku pembantu kas dan laporan pertanggungjawaban. Sehingga dihasilkan usulan untuk mengkonstruksi laporan keuangan berdasarkan prinsip Akuntansi Pendidikan yang terdiri atas Laporan Posisi Keuangan, Laporan Surplus / Defisit, Laporan Arus Kas dan Catatan atas Laporan Keuangan.