Show simple item record

dc.contributor.advisorWIDAYATI, Endang Sri
dc.contributor.advisorHUSNIAH, Furoidatul
dc.contributor.authorHIDAYATI, Choirul
dc.date.accessioned2019-05-29T03:45:47Z
dc.date.available2019-05-29T03:45:47Z
dc.date.issued2019-05-29
dc.identifier.nimNIM110210402042
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/91014
dc.description.abstractNovel merupakan suatu karangan berbentuk prosa yang digunakan pengarang untuk menyampaikan gagasan dan imajinasinya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap perilaku yang digambarkan dalam satu slot yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek. Novel Pak Guru karya Awang Surya dipilih karena terdapat banyak aspek pendidikan di dalamnya. Aspek pendidikan tersebut meliputi pendidikan moral, sosial, dan agama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimanakan unsur intrinsik yang ada dalam novel Pak Guru karya Awang Surya?, 2) Bagaimanakah aspek pendidikan yang ada dalam novel Pak Guru karya Awang Surya?, 3) Bagaimanakah pemanfaatan aspek pendidikan yang ada dalam novel Pak Guru karya Awang Surya sebagai alternatif materi pembelajaran apresiasi sastra di SMA?. Jenis penelitian bersifat kualitatif dan rancangan penelitian bersifat deskriptif. Data yang dianalisis dalam penelitian berupa kutipan-kutipan data yang berisi unsur intrinsik dan aspek-aspek pendidikan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dibantu oleh alat berupa dokumentasi. Instrumen penelitian yang ada dalam penelitian adalah peneliti sendiri yang berperan sebagai pengumpul data yang dibantu oleh instrumen pendukung berupa laptop dan novel Pak Guru karya Awang Surya. Hasil dan pembahasan yang terdapat dalam penelitian ini antara lain tema yang terdapat dalam novel Pak Guru adalah tekad seseorang untuk mencegah orang lain agar tidak mengikuti perkembangan gaya hidup yang tidak baik di masyarakat. Tokoh utama yang terdapat dalam novel Pak Guru adalah Musa. Latar yang ada dalam novel Pak Guru dibagi menjadi tiga yaitu latar tempat, waktu dan sosial. Aspek-aspek pendidikan yang terdapat dalam novel Pak Guru terdiri dari tiga yaitu; 1) Aspek pendidikan moral yang berupa sikap jujur, sabar, tidak putus asa, dan tanggung jawab. 2) Aspek pendidikan sosial yang berupa sikap peduli dan tolong menolong. 3) Aspek pendidikan agama yang berupa sikap beribadah, berdoa, dan berdakwah. Kajian dalam penelitian ini dapat diterapkan pada pembelajaran sastra di SMA kelas XII yang berpedoman pada kurikulum 2013. Langkah pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan memberikan materi tentang struktur teks novel kemudian menerangkan struktur teks novel, dan memberikan sinopsis novel Pak Guru kepada siswa yang kemudian akan dianalisis dan diinterpretasikan. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah sebaiknya penelitian ini digunakan sebagai referensi untuk penelitian di masa yang akan datang dengan kajian yang tidak hanya terbatas pada unsur intrinsik dan aspek pendikan moral, sosial dan agama.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries110210402042;
dc.subjectAspek Pendidikanen_US
dc.subjectNovel Pak Guruen_US
dc.subjectAlternatif Materien_US
dc.subjectNovel Pak Guruen_US
dc.subjectpendidikan moral, sosial,en_US
dc.subjectagamaen_US
dc.titleAspek Pendidikan Dalam Novel Pak Guru Karya Awang Surya Dan Pemanfaatannya Sebagai Alternatif Materi Pembelajaran Apresiasi Sastra Di Smaen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record