Show simple item record

dc.contributor.advisorEFFENDI, Rochman
dc.contributor.advisorMIQDAD, Muhammad
dc.contributor.authorANSARY, Adang Kurnia
dc.date.accessioned2019-05-23T04:45:08Z
dc.date.available2019-05-23T04:45:08Z
dc.date.issued2019-05-23
dc.identifier.nimNIM140810301076
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90949
dc.description.abstractSeiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, telah mempengaruhi sistem pengolahan data dan sistem informasi pada suatu entitas. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan kemudahan dalam berbagai bidang kegiatan, salah satunya dalam pencatatan dan pengelolaan persediaan barang dalam suatu perusahaan. Persediaan merupakan aset yang sangat penting dalam suatu perusahaan, baik perusahaan dagang maupun manufaktur yang akan digunakan untuk dijual atau diproses lebih lanjut menjadi barang jadi dan dijual dalam operasi bisnis perusahaan. Oleh karena itu supaya dapat terkoordinasi dengan baik, setiap perusahaan harus memiliki sistem yang memadai untuk mengolah data persediaan agar tidak terjadi penyelewengan maupun kekurangan persediaan serta informasi mengenai persediaan dapat dipercaya. Pencatatan dan pengelolaan persediaan akan lebih efektif apabila didukung dengan adanya sistem pengendalian internal yang baik. Pengendalian intern persediaan dapat dilakukan dengan melakukan tindakan pengamanan untuk mencegah terjadinya kerusakan, pencurian, maupun tindakan menyimpang lainnya. Pengendalian persediaan dapat dikatakan efektif apabila di dalamnya telah diterapkan unsur –unsur pengendalian internal yang saling berhubungan satu sama lain untuk menghasilkan informasi persediaan yang baik. Komponen pengendalian internal yang saling berhubungan satu sama lain sebagaimana yang dikeluarkan oleh kerangka kerja pengendalian internal yang paling luas diterima di amerika serikat( COSO ) yaitu, (1) Lingkungan pengendalian (2) Penilaian resiko (3) Aktivitas pengendalian (4) Informasi dan komunikasi (5) Pemantauan (Arens et al, 2008:376). Berdasarkan Undang – Undang No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit Pasal 1,“Rumah Sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat”. Fungsi utama rumah sakit adalah sebagai institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada seluruh pasien, baik rawat inap, rawat jalan maupun gawat darurat secara paripurna. Persediaan obat dan alat kesehatan merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam menunjang pelayanan kesehatan. Apabila persediaan obat dan alat kesehatan yang dimiliki rumah sakit tidak lengkap maka pelayanan kesehatan menjadi kurang maksimalApabila persediaan obat dan alat kesehatan yang dimiliki rumah sakit tidak lengkap maka pelayanan kesehatan menjadi kurang maksimal. Rumah Sakit Umum Daerah Pamekasan didirikan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan sejak tahun 1937. Pada awalnya RSUD Pamekasan berada di Jalan Kesehatan No. 3 – 5 Pamekasan. Pada tanggal 22 Februari 1979, status RSUD Pamekasan menjadi Rumah Sakit Tipe C Plus sesuai dengan SK Menkes tahun 1979 No. 51/Menkes/SK/II/1979. Seiring dengan perkembangan zaman pada tahun 2006 RSUD Pamekasan berpindah lokasi ke Jalan Raya Panglegur Pamekasan dan berubah menjadi Rumah Sakit Tipe B Non Pendidikan sesuai dengan SK Menkes No. 1637/Menkes/Per/XII/2005 tanggal 6 Februari 2006, yang kemudian pada tahun 2011 RSUD berganti status menjadi Rumah Sakit BLUD sesuai dengan ketetapan pemerintah daerah Kabupaten Pamekasan. Sebagai Rumah Sakit yang berstatus BLUD, maka RSUD Pamekasan berganti nama menjadi RSUD Dr.H.Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan sejak bulan November tahun 2012 sampai sekarang dan pada bulan Februari 2016 RSUD Dr.H.Slamet Martodirdjo Kabupaten Pamekasan merupakan rumah sakit pertama yang terakreditasi Kars versi 2012 satu-satunya rumah sakit di madura yang terakreditasi PARIPURNA. Oleh karena itu sudah seharusnya RSUD Kabupaten Pamekasan menerapkan pengendalian internal yang baik atas persediaan obat dan alat kesehatan dalam mencapai visi, misi, dan tujuannya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140810301076;
dc.subjectSistemen_US
dc.subjectPengendalian Internaen_US
dc.subjectPersediaan Obaten_US
dc.subjectAlat Kesehatanen_US
dc.titleAnalisis Sistem Pengendalian Internal Atas Persediaan Obat Dan Alat Kesehatan Pada Rsud Kabupaten Pamekasanen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record