Pengaruh Model Inkuiri Berbantuan Media Wayang Kartun Terhadap Hasil Belajar Tema Kewajiban dan Hakku Pada Siswa Kelas III SDN Patrang 01 Jember
Abstract
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah diuraikan pada bab
4, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model inkuiri
berbantuan media wayang kartun terhadap hasil belajar tema Kewajiban dan Hakku
pada siswa kelas III SDN Patrang 01 Jember semester ganjil tahun ajaran
2018/2019. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t pada kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan db 65 adalah 1,671.
Hasil penghitungan uji-t pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik secara
berturut-turut adalah 4,601, 5,595, dan 4,310. Hasil tersebut menunjukkan bahwa
thitung ≥ ttabel sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nihil (H0)
ditolak. Hasil penghitungan ER menunjukkan bahwa model inkuiri berbantuan
media wayang kartun pada ranah kognitif memiliki tingkat keefektifan relatif
sebesar 49,83% dengan kategori sedang, pada ranah afektif memiliki tingkat
keefektifan relatif sebesar 16,37% dengan kategori rendah, dan pada ranah
psikomotorik memiliki tingkat keefektifan relatif sebesar 10,03% dengan kategori
rendah.