Pengaruh Brand Image, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Kepuasan Konsumen Transportasi Online Go-Jek di Kabupaten Jember
Abstract
Transportasi menjadi salah satu kebutuhan penting karena dengan adanya
alat transportasi masyarakat akan mudah melakukan mobilitas guna memenuhi
kebutuhannya, sehingga masyarakat akan semakin jeli menentukan pilihan dalam
bertransportasi. Bagi masyarakat yang memiliki transportasi atau mampu
menggunakan transportasi pribadi tidak menjadi masalah, namun untuk orang
yang tidak memiliki transportasi pribadi atau tidak mampu menggunakan
transportasi pribadi memerlukan transportasi umum. Hal ini menjadi peluang bagi
produsen penyedia jasa transportasi sekaligus menjadi tuntutan agar para
produsen penyedia jasa transportasi berfikir kreatif dan kritis dalam
mengembangkan usahanya agar dapat terus mempertahankan dan menciptakan
pelanggan. Produsen penyedia jasa transportasi saling mengadu strategi untuk
menarik minat konsumen dengan memberikan kepuasan pelayanna untuk
menggunakan jasa dan produknya, tidak sedikit produsen memanfaatkan
teknologi internet agar pemasaran yang dilakukan terjangkau secara luas.
Berbagai faktor dapat mempengaruhi kepuasan konsumen terhadap suatu
perusahaan jasa, faktor yang berkemungkinan menjadi peluang kepuasan
kosnumen antara lain yaitu brand image, kualitas pelayanan dan word of mouth.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel yang menentukan
peluang kepuasan konsumen transportasi online GO-JEK di Kabupaten Jember
diantara variabel brand image, kualitas pelayanan dan word of mouth. Penelitian
ini dilakukan dengan memilih masyarakat Kabupaten Jember sebagai responden
dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode Purposive
Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Adapun
pertimbangan pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Berusia 15 tahun
ke atas dan telah menggunakan jasa transportasi online GO-JEK minimal 1 kali.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.
Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi logistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu brand
image, kualitas pelayanan dan word of mouth menentukan peluang kepuasan
konsumen transportasi online GO-JEK di Kabupaten Jember.