Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Induksi Matematika
Abstract
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) selalu menyajikan
masalah dalam kehidupan nyata atau sebenarnya, model pembelajaran ini
membawa siswa. Dalam penelitian ini, siswa diikutsertakan langsung dalam
mengorientasikan materi dengan kehidupan sehari-hari dengan cara
menyelesaikan yang disediakan dalam LKS, sehingga siswa bisa dengan mudah
menemukan dan memahami konsep. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap
kreativitas dan hasil belajar induksi matematika.
Pengambilan data dilakukan di SMKN 2 Jember pada tanggal 29 Oktober
dan 5-6 November 2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TR dan XI AV.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dan jenis penelitian ini adalah
eksperimen kuasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
tes, dan dokumentasi.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kreativitas
dan hasil belajar. Uji T kreativitas menunjukkan thitung = 39,76 dan uji T hasil
belajar menunjukkan thitung = 34,273.
Saran yang dapat ditujukan kepada guru matematika adalah diharapkan
seorang guru dapat memilih model pembelajaran yang tepat dalam menyampaikan
materi pelajaran. Sedangkan kepada peniliti lanjut adalah dapat melakukan
pengujian ulang pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
terhadap kreativitas dan hasil belajar matematika.