Pengaruh Edukasi Penanganan Tersedak pada Anak Usia dibawah Lima Tahun (BALITA) dengan Media Aplikasi Android terhadap Pengetahuan Orang Tua di PAUD Tunas Mulia Kelurahan Sumbersari
Abstract
Tersedak (Choking) adalah tersumbatnya salurankjalan napas (airway) karena
benda asing dari luar tubuhdsecara total dan parsial, sehinggakmenyebabkan korban
sulit bernapas dan kekurangan oksigen, bahkan apabila tidak tertangani segera akan
menimbulkan kematian. Tersedak merupakan penyebab pembunuh paling cepat bila
dibandingkan dengan gangguan breathing dan circulation.
Pengetahuan adalahlkesan dalam fikiranlmanusia sebagai hasil penggunaan
panca inderanya, yang berbeda sekali denganlkepercayaan, tahayul dan penerangan
yang keliru. Pengetahuan berbeda denganlbuah fikiran, oleh sebab itu tidak semua
buah fikiran adalah pengetahuan. Terjadinya suatu perilaku diawali dengan dengan
adanya suatu pengetahuan, sehinggalpengetahuan merupakan faktor internal yang
mempengaruhi perubahan perilaku.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penanganan tersedak
pada anak terhadap pengetahuan orang tua dengan menggunakan media aplikasi
android. Penelitian ini merupakan komparatif antara pengetahuan sebelum dan
sesudah edukasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh desa sumbersari yang
memiliki BALITA. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan rumus G
power dengan jumlah sampel 34 orang.
Hasil penelitian ini diperoleh data bahwa rerata usia responden 31,79 dan
rerata usia BALITA 4,08. Analisa data pada penelitian ini menggunakan uji statistik
t-test dependent dengan p value 0,0001 (p value < 0,05). Normalitas data
menggunakan uji shapiro-wilk dengan nilai p value pretest 0,838 dan nilai p value
posttest 0,053. Homogenitas data pada penelitian ini mennggunakan uji levene test
dengan nilai p value pretest 0,749 dan nilai p value posttest 0,34. Kesimpulan pada
penelitian diatas bahwa edukasi menggunakan media aplikasi android dapat
mempengaruhi peningkatan terhadap pengetahuan tersedak pada anak.
Collections
- UT-Faculty of Nursing [1529]