Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Send A-Problem Berbasis Brain-Based Learning (BBL)Untuk Pembelajaran IPA SMP di Wilayah Agroekosistem
Abstract
Model penelitian pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model
penelitian pengembangan 4-D dengan tiga tahapan saja yang dilakukan, meliputi
tahap Define, Design, dan Develop. Tahap define terdiri atas analisis ujung depan
yang terdiri atas observasi, wawancara dan pemberian angket kebutuhan (Need
Assessment), tahap yang kedua yaitu analisis peserta didik, pada tahap ini
dilakukan analisis kemapuan kognitif siswa. Tahap yang ketiga yaitu analisis
tugas dan tahap yang keempat yaitu analisis konsep dan tahapan yang kelima
perumusan tujuan pembelajaran yang sesuai dengan cakupan materi dan
kompetesi dasar yang harus dikuasai oleh siswa. Tahap design terdiri atas tahap
penyusuan kriteria tes, tahap pemilihan media, tahap pemilihan format dan tahap
desain awal. Tahap develop merupakan tahap validasi model pembelajaran
kolaboratif Send A-Problem berbasis BBL beserta perangkatnya oleh tiga
validator dan tahap penerapan model pembelajarn yang dikembangkan.