Show simple item record

dc.contributor.authorYETTY PUSTIKAWATI
dc.date.accessioned2013-09-05T02:54:37Z
dc.date.available2013-09-05T02:54:37Z
dc.date.issued2013-09-05
dc.identifier.nimNIM070210191137
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/907
dc.description.abstractBerdasarkan wawancara dengan guru bidang studi di SMP Negeri 1 Puger diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa kelas VIIF SMP Negeri 01 Puger pada operasi hitung pecahan dapat dikatakan masih rendah. Hal ini ditunjukkan oleh rendahnya nilai rata-rata ulangan harian pada operasi hitung pecahan pada tahun sebelumnya, hal ini disebabkan karena siswa belum memahami dan masih mengalami kesulitan dalam mempelajari operasi hitung pecahan. Selain itu kurangnya pemahaman konsep dasar menjadi salah satu penyebab utama kesulitan yang terjadi pada operasi hitung pecahan. Penerapan metode accelerated teaching dalam pembelajaran bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran, aktivitas siswa dan peningkatkan hasil belajar siswa. Metode accelerated teaching mengajarkan guru bagaimana memotivasi siswa dalam belajar, menyampaikan materi agar mudah diterima oleh siswa, membuat materi pelajaran menjadi bermakna, dan memicu ingatan siswa berkaitan dengan materi yang diajarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan, aktivitas, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode accelerated teaching pada operasi hitung pecahan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIIF SMP Negeri 1 Puger tahun ajaran 2011/2012, yang berjumlah 38 siswa. Alasan pemilihan kelas karena mempunyai siswa dengan tingkat kemampuan yang bervariasi. Metode pengumpulan data antara lain tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pembelajaran dengan metode Accelerated Teaching dilakukan dalam 2 siklus, yaitu siklus 1 pada materi penjumlahan, pengurangan dan perkalian pecahan dan siklus 2 pada materi pembagian dan perpangkatan pecahan. Langkah pembelajaran yaitu dengan urutan fase motivating your mind, acquiring the information, searching out the meaning, triggering the memory, exihibiting what you know, reflecting. Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Metode Accelerated Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Operasi Hitung Pecahan Siswa Kelas VII SMP Negeri 01 Puger Tahun Pelajaran 2011/2012 dapat terlaksana dengan lancar, meskipun ada beberapa kendala, yaitu pada pengaturan alokasi waktu dan diskusi kelompok, siswa tidak terbiasa melakukan diskusi kelompok sehingga mereka belum bisa memanfaatkannya. Pada aktivitas siswa baik secara individu persentase aktivitas pada siklus I adalah 60,96 % dan pada siklus II adalah 80,96 % sedangkan pada aktivitas kelompok siswa pada siklus I adalah 62,50 % pada siklus II adalah 78,33%. Berdasarkan persentase aktivitas siswa baik secara individu maupun kelompok dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, dan dapat dikategorikan sangat aktif dalam pembelajaran. Analisis skor akhir siswa pada siklus I belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan Depdiknas karena hanya mencapai persentase 65,79 %. Siswa yang tuntas belajar secara individu pada siklus I sebanyak 25 siswa dan siswa yang tidak tuntas 13 siswa. Namun pada siklus II terjadi peningkatan yaitu mencapai 81,57 %. Dengan demikian, pembelajaran dengan menggunakan metode accelerated teaching dapat dikatakan berhasil. Secara keseluruhan ditinjau dari persentase aktivitas siswa dan guru, pembelajaran dengan menggunakan metode accelerated teaching telah dilaksanakan dengan baik dan lancar walaupun masih terdapat kekurangan dalam penerapannya untuk tahap alokasi waktu dalam pembelajaran. Penelitian ini dikatakan berhasil ditinjau dari ketuntasan belajar siswa dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa dalam penguasaan konsep pada operasi hitung pecahan.en_US
dc.relation.ispartofseries070210191137;
dc.subjectMETODE ACCELERATED TEACHINGen_US
dc.titlePEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN METODE ACCELERATED TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA OPERASI HITUNG PECAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PUGER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record