Pengaruh Experiental Marketing dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Waroeng Spesial Sambal "SS" di Jember
Abstract
Waroeng SS Jember siap melayani dengan sepenuh hati dan memberikan
masakan sesuai selera. Biarpun baru di kota Jember, namun Waroeng SS Jember
siap membuat konsumen puas selama mengunjungi Waroeng SS karena adanya
fasilitas garansi kecewa, yang membuat kekhawatiran konsumen akan sajian yang
kurang berkenan dapat ditekan. Jikalau konsumen memesan menu dan rasanya
kurang pas, Waroeng SS akan mengganti dengan menu baru. Dari awal
kemunculanya Waroeng Spesial Sambal “SS” memiliki konsumen yang sangat
banyak mulai dari kalangan pelajar, mahasiswa hingga kalangan pekerja.
Perlunya menggunakan Penelitian ini mengunakan data primer yang
diperoleh dari kuesioner yang di sebarkan kepada pengunjung. Dalam penelitian
ini sebanyak 117 orang dijadikan responden. Dengan demikian penelitian ini
menggunakan metode penelitian konfirmatory
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan
Experiential Marketing dan Kualitas layanan berpengaruh signifikan Kepuasan
Konsumen pada Spesial Sambal “SS” Jember dengan arah positif. kedua variabel
independen yaitu experiential marketing dan kualitas layanan mempunyai
pengaruh yang signifikan terhadap variabel dependen.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada penelitian ini, maka terdapat
beberapa saran sebagai berikut :
a. Bagi peneliti selanjutnya dapat dijadikan acuan sebagai penelitian yang akan
datang sehingga memudahan dalam pengambilan kesimpulan penelitian,
harapanya hasil dari peneltian selanjutnya akan lebih lengkap.
b. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi perusahaan dalam pencapaian hasil
yang masksimal. Pertimbangan untuk membangun kualitas perusahaan yaitu :
1. Experiential Marketing yang diberikan dijaga dengan cara mengevaluasi
setiap kegiatan sehingga mengetahui kekurangan dan kelebihan yang
dimiliki perusahaan.
a.Waroeng Spesial Sambal “SS” perlu memperbarui desain ruangan serta
kebersihan yang nantinya konsumen dapat berhubungan langsung dan
memberikan respon.
b. Memberikan pelatihan kepada karyawan agar tetapterjaga keramahan
pelayan, sopan santun, rasa aman yang diberikan perusahaan mealui
pelayanan.
c. Memberikan motak saran untuk memudahkan konsumen memberikan
informasi, serta memberikan varian sebagai masukan yang bisa dijadikan
konsumen sebagai bahan pertimbangan.
d. Memperbarui informasi pada media sosial Waroeng Spesial Sambal “SS”
untuk mengomunikasikan dengan baik informasi seputar menu
terbarunya..
e. Meningkatkan kualitas pelayan dalam memberikan perlakuan istimewa
yang bisa dirasakan konsumen perusahaan menyediakan pelayan khusus
untuk memberika arahan kepada konsumen agar lebih memudahkan
dalam penyampaian jasa.
2. Kualitas layanan yang diberikan kepada konsumen dijaga dengan cara
memberikan arahan kepada tenaga kerja dalam setiaptugas yang dijalankan.
a. Meningkat kualitas produk dengan produk yang akan ditawarkan
b. Memberikan evaluasi setelah konsumen menikmati produk untuk
melihat minat berkunjung kembali yang dirasakan konsumen setelah
menikmati Waroeng Spesial Sambal “SS”
c. Memberikan saran untuk merekomendasikan produk yang telah
dirasakannya kepada teman atau keluarga.