Proses Pengelolaan Event Bali Heritage Food Festival 2018 Di Indonesia Tourism Development Corporation
Abstract
Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) merupakan Badan
Usaha Milik Negara yang bergerak ke dibidang pariwisata. Indonesia Tourism
Development Corporation memiliki tujuan utama menyelenggarakan tersedianya
prasarana dan sarana untuk mengembangkan kawasan. Selain itu ITDC juga
mengundang investor untuk membangun hotel serta mengelola Nusa Dua sebagai
Kawasan Pariwisata yang berkelas. ITDC memiliki calendar of event di setiap
tahunnya. Dalam Calendar of event the Nusa Dua 2018 terdapat 11 event yang akan
diselenggarakan yaitu Sundown Dancing Lesson, Chinesse New Year “Sincia with
Love” 2018, Bali Heritage Food Festival 2018, Bali Blues Festival 2018, Nusa Dua
Light Festival: Under Water 2018, Art Bali, International Monetary Fund Side Event,
Badung International Night Run 2018, World or Music Art and Dance Bali 2018,
Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 dan New Year Eve. Penyelenggaraan event ini
bertujuan untuk meningkatkan revenue, mempromosikan kawasan serta
meningkatkan tingkat hunian hotel dan juga sebagai penambahan atraksi dikawasan
sebagai upaya pengoptimalisasi dan pengelolaan kawasan pariwisata Nusa Dua.
Dalam Penyelenggaraan event di Indonesia Tourism Development
Corporation khususnya Bali Heritage Food Festival 2018 berawal dari permintaan
Kementerian Pariwisata Indonesia dalam menyelenggarakan program Bali Recovery
dalam rentang waktu Februari sampai dengan Maret. Program Bali Recovery
bertujuan untuk menambah alternatif atraksi wisata serta memberikan dampak positif
dalam pemulihan pariwisata Bali pasca erupsi Gunung Agung. Oleh sebab itu tim
event ITDC melakukan proses penyelanggaraan event secara sistematis dimulai dari
tahap perencanaan. Research merupakan tahap awal perencanaan event. Sebuah riset
dilakukan guna menentukan kebutuhan, keinginan, harapan dan target pasar,
selanjutnya riset dikembangkan dalam tahapan desain yang dibuat meliputi konsep
event dan layout venue yang dapat memberikan komunikasi visual. Tahapan
selanjutnya merupakan planning, tahapan ini dikerjakan bersamaan dengan tahapan
desain diantaranya membuat pembagian kerja, rundown acara dan rancangan
anggaran biaya serta promosi.
Tim event ITDC memiliki berbagai macam kegiatan promosi yaitu press
conference, sales call, melakukan promosi melalui media sosial serta melakukan
pemasangan baliho dan triangle banner di Kawasan Pariwisata Nusa Dua. Tahapan
terakhir dalam perencanaan adalah koordinasi. Koordinasi dilakukan guna mencapai
satu tujuan yang sama dalam sebuah penyelenggaraan event. Kegiatan tersebut
meliputi koordinasi internal dan eksternal. Koordinasi internal merupakan koordiansi
yang dilakukan sesama tim ITDC selanjutnya koordinasi eksternal dilakukan bersama
dengan pihak ketiga yaitu rapat koordinasi dengan Indonesia Chef Association Bali,
mengurus surat perizinan serta technical meeting dengan pengisi acara dan tenant.
Proses produksi dimulai sejak acara belum dilaksanakan sampai berakhirnya acara.
Tim event ITDC dalam menyelenggarakan event melakukan beberapa tahapan
produksi yaitu kesiapan perlengkapan, kesiapan kru, kesiapan keamanan, kesiapan
pengisi acara dan proses event sesuai rundown. Tahapan terakhir dalam
menyelenggaraan event yaitu Evaluasi. Dalam proses evaluasi diharapkan mampu
mengetahui masalah-masalah yang timbul dan menemukan solusi untuk
memperbaikinya dalam meningkatkan kualitas event yang akan diselenggarakan
selanjutnya.
Collections
- DP-Travel Agent [250]