Analisis Kualitas Layanan Yang Memengaruhi Kepuasan Pelanggan Jasa Komputer Berbasis Jaringan Di Kota Jember
Abstract
Layanan dianggap baik dan berkualitas jika kinerja yang diberikan oleh
perusahaan sama dengan apa yang diharapkan konsumennya. Strategi bisnis yang
sesuai dengan objek penelitian ini adalah strategi pengembangan layanan (Service
Development Strategy). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
variabel kualitas layanan yang terdiri dari fasilitas fisik, keandalan, daya tanggap,
jaminan, empati terhadap kepuasan pelanggan jasa komputer berbasis jaringan di
kota Jember baik secara parsial dan simultan dan untuk menganalisis pengaruh
dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan jasa komputer berbasis
jaringan di kota Jember.
Penelitian ini dikategorikan sebagai explanatory research. Populasi dalam
penelitian ini adalah masyarakat perkotaan Kabupaten Jember yang meliputi
Kecamatan Sumbersari, Patrang, dan Kaliwates yang pernah menggunakan jasa
jaringan komputer Tekling Network serta CV. Media Pratama Jember. jumlah
sampel dalam penelitian ini ditetapkan sebesar 75 responden. Metode analisis data
menggunakan regresi logistik.
Hasil regresi logit menunjukkan bahwa ada empat variabel yang dapat
mempengaruhi kepuasan konsumen jasa jaringan yaitu fasilitas fisik
(sig.0,042<0,05), keandalan (sig.0,028<0,05), daya tanggap (sig.0,003 <0,05),
jaminan (sig. 0,023 < 0,05) dan empati (sig. 0,912 > 0,05). Hal itu menunjukkan
bahwa faktor fasilitas fisik berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan jasa jaringan komputer secara parsial; Faktor keandalan
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa
jaringan komputer secara parsial. Faktor daya tanggap berpengaruh secara positif
dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa jaringan komputer secara
parsial. Faktor jaminan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap
kepuasan pelanggan jasa jaringan komputer secara parsial. Faktor empati tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan jasa jaringan
komputer secara parsial. Kesimpulan penelitian ini adalah secara simultan semua
variabel fasilitas fisik, pada penggunaan jasa jaringan komputer di Kota Jember
secara simultan. keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati berpengaruh
signifikan terhadap kepuasan konsumen. Variabel yang dominan berpengaruh
terhadap kepuasan konsumen jaringan adalah variabel keandalan.