Penyebab Kesulitan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kompetensi Dasar Jurnal Penyesuaian Di Kelas Xii Ips 3 Man 1 Jember
Abstract
Belajar merupakan suatu tindakan yang dilakukan oleh seseorang agar
dapat mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Namun kegiatan belajar tidak
senantiasa berhasil, seringkali terjadi kesulitan belajar yang dialami oleh siswa.
Kesulitan belajar ini biasanya sering terjadi karena siswa tidak mampu
mengaitkan antara pengetahuan baru dengan pengetahuan lamanya sehingga
menimbulkan ketidakpahaman atau ketidakjelasan terhadap suatu pelajaran.
Selain itu, kesulitan belajar juga sering dialami oleh siswa dalam beberapa mata
pelajaran yang dianggap sulit, salah satunya yaitu akuntansi pada kompetensi
dasar jurnal penyesuaian.
Jurnal penyesuaian ini tidak hanya memahami konsep teori saja, namun
harus terampil dalam menghitung. Selain itu, materi ini juga membutuhkan
pemahaman siswa dalam menganalisis setiap transaksi soal ayat jurnal
penyesuaian dan ketelitian siswa dalam melakukan perhitungan maupun
pencatatan. Sehingga tidak sedikit siswa yang mengalami kesulitan belajar pada
kompetensi dasar jurnal penyesuaian. Kesulitan yang dialami oleh siswa pada
kompetensi dasar jurnal penyesuaian ini yaitu ketika menentukan akun, kesalahan
dalam menghitung, maupun kesalahan dalam menganilisis soal ayat jurnal
penyesuaian. Siswa yang mengalami kesulitan belajar akan ditandai dengan nilai
yang rendah. Kesulitan belajar ini dapat dipengaruhi oleh 2 faktor yaitu pertama
faktor internal meliputi fisiologis, inteligensi, perhatian, minat, motif, kesiapan,
dan kelelahan. Kemudian faktor yang kedua yaitu faktor eksternal meliputi
keluarga, sekolah, dan masyarakat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penyebab
kesulitan belajar siswa kelas XII IPS 3 di MAN 1 Jember kompetensi dasar jurnal
penyesuaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Penentuan lokasi penelitian menggunakan purposive area. Teknis
pengumpulan data yang digunakan terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumen.
Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa penyebab kesulitan
belajar yang dialami oleh siswa kelas XII IPS 3 di MAN 1 Jember dalam
mempelajari jurnal penyesuaian yaitu faktor fisiologis dimana75% siswa
menyatakan kantuk pada saat jurnal penyesuaian berlangsung, kemudian 25%
siswa menyatakan memiliki gangguan penglihatan. Faktor minat, 92% siswa
menyatakan tidak tertarik untuk mempelajari jurnal penyesuaian, 67% siswa
menyatakan kadang menjawab jika mereka bisa atau pertanyaan guru tidak sulit
untuk dijawab, 50% siswa menyatakan kadang mencatat dan 8% siswa
menyatakan tidak mencatat. Motif siswa, 92% siswa menyatakan kadang
mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Intelligensi, 75% siswa menyatakan
bahwa materi jurnal penyesuaian sulit sedangkan 25% siswa menyatakan jurnal
penyesuaian cukup sulit untuk dipelajari dan di pahami. Kesiapan, 92% siswa
menyatakan tidak menyiapkan atau mempelajari materi jurnal penyesuaian yang
akan dipelajari esok harinya. Perhatian, 92% siswa menyatakan kadang
memperhatikan apa yang sedang dijelaskan oleh guru, 67% siswa menyatakan
media pembelajaran guru tidak menarik perhatian siswa pada saat pembelajaran
akuntansi sub bab ayat jurnal penyesuaian. Faktor kelelahan, 33% siswa
menyatakan kelelahan saat materi jurnal penyesuaian berlangsung. Faktor
keluarga (eksternal), 50% siswa menyatakan sarana dan prasarana masih belum
terpenuhi. Faktor sekolah (eksternal), 92% siswa menyatakan sarana dan
prasarana sekolah kurang lengkap. Faktor masyarakat (eksternal), 67% siswa
menyatakan teman sebangkunya sering mengajak mengobrol pada saat materi
jurnal penyesuaian berlangsung.