• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kecerdasan Visual-Spasial Siswa Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus

    Thumbnail
    View/Open
    Nur Hamidah - 140210101094_.pdf (5.165Mb)
    Date
    2019-04-25
    Author
    HAMIDAH, Nur
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kecerdasan visual-spasial siswa yang mempunyai kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis. Subjek yang diteliti adalah 5 orang siswa kelas X BIC 2 MAN 1 Jember dengan satu siswa sangunis, satu siswa koleris, dua siswa melankolis dan satu siswa plegmatis. Pengambilan subjek tersebut didasarkan pada jumlah jawaban benar yang paling banyak dalam tes kecerdasan visual-spasial untuk masing-masing tipe kepribadian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kepribadian, tes kecerdasan visual-spasial, rubrik penilaian, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil pekerjaan siswa dan hasil wawancara. Dalam tes kecerdasan visual-spasial yang dianalisis adalah jawaban dan langkah-langkah pengerjaan. Oleh karena di dalam soal tes kecerdasan visual-spasial tidak terdapat langkah-langkah pengerjaan, maka penelitian ini menekankan triangulasi pada wawancara untuk mengetahui apakah siswa mampu menyelesaikan langkahlangkah pengerjaan dengan benar atau tidak. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat diambil kesimpulan tentang kecerdasan visual-spasial siswa berdasarkan tipe kepribadian yaitu sebagai berikut. 1) Siswa Sanguinis cenderung mengerjakan soal dengan cepat namun kurang teliti. Siswa Sanguinis mengecek jawaban hingga berulang-ulang hanya pada soal yang dia anggap sulit. Kecerdasan visual-spasial siswa Sangunis untuk karakteristik pengimajinasian berada pada level 1, karakteristik pengkonsepan tergolong level 4, karakteristik penyelesaian masalah tergolong level 5 dan karakteristik penemuan pola tergolong level 4. 2) Siswa Koleris cenderung mengerjakan soal dengan terburu-buru tanpa memahami atau menganalisis lebih dalam dan tidak mengecek kembali jawaban yang telah dia tulis. Kecerdasan visual-spasial siswa Koleris untuk karakteristik pengimajinasian berada pada level 1, karakteristik pengkonsepan tergolong level 1, karakteristik penyelesaian masalah tergolong level 5 dan karakteristik penemuan pola tergolong level 5. 3) Siswa Melankolis cenderung mengerjakan soal dengan hati-hati dan teliti. Siswa Melankolis mengecek semua jawaban minimal tiga kali dan merupakan siswa yang paling kreatif dalam menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan bangun datar. Kecerdasan visual-spasial siswa Melankolis untuk karakteristik pengimajinasian berada pada level 1 (subjek pertama dan kedua), karakteristik pengkonsepan tergolong level 1 (subjek pertama dan kedua), karakteristik penyelesaian masalah tergolong level 5 (subjek pertama dan kedua) dan karakteristik penemuan pola tergolong level 1 untuk subjek pertama dan level 2 untuk subjek kedua. 4) Siswa Plegmatis cenderung mengerjakan soal dengan santai dan hanya mengecek jawaban dari soal yang dia anggap sulit. Kecerdasan visual-spasial siswa Plegmatis untuk karakteristik pengimajinasian berada pada level 1, karakteristik pengkonsepan tergolong level 4, karakteristik penyelesaian masalah tergolong level 5 dan karakteristik penemuan pola tergolong level 4.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90648
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15360]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository