• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Efektivitas Jumping Task Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    Irma Khoirul Ummah - 160220101036_.pdf (1.505Mb)
    Date
    2019-04-24
    Author
    UMMAH, Irma Khoirul
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas jumping task berbasis Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMP Nurul Islam Jember. Jumping task adalah pemberian soal/tugas yang menantang/berada di atas tingkatan tuntatan kurikulum yang tidak semua siswa mampu menyelesaikannya. Tahap-tahap CPS meliputi menemukan objek (object finding), menemukan data (data finding), menemukan masalah (problem finding), menemukan ide-ide (ideas finding), menemukan solusi (solution finding), menemukan penerimaan (acceptance finding). Penelitian ini merupakan penelitian campuran, yaitu campuran dari penelitian kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, tes dan wawancara. Sampel penelitian kuantitatif terdiri dari dua kelas yang diambil menggunakan metode cluster random sampling. Sampel penelitian kualitatif dipilih 2 siswa dari kelas eksperimen dengan teknik purposive sampling yaitu berdasarkan jawaban yang paling beda. Berdasarkan hasil pretest dan posttes, menunjukkan adanya kenaikan ratarata kemampuan pemecahan masalah siswa. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Setelah uji prasyarat terpenuhi, maka dilakukan uji independent sample t-test (uji t). Hasil uji t menunjukkan perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol signifikan. Ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Pada langkah pertama CPS yaitu menemukan objek (object finding), S01 dan S02 dapat menuliskan sasaran dengan tepat. Dalam menjelaskan maksud soal dengan bahasanya sendiri, S02 melakukannya dengan tepat, namun S01 hanya mampu menjelaskan 1 soal dengan tepat dan lengkap. Pada langkah kedua CPS yaitu menemukan data (data finding), S01 dapat menuliskan dengan tepat namun kurang lengkap. S01 cenderung tidak menuliskannya yang diketahui jika tidak berhubungan dengan angka. S01 tidak menggambarkan yang diketahui pada soal. S02 sudah mampu menuliskan yang diketahui dengan tepat dan lengkap, hanya pada nomor 3 S02 tidak menuliskan bentuk dari lempengan plat. Langkah ketiga CPS yaitu menemukan masalah (problem finding), S01 dan S02 dapat menuliskan dengan tepat yang ditanyakan dengan tepat namun kurang lengkap. S01 dan S02 cenderung menuliskan intinya, padahal dalam penulisan yang ditanyakan merupakan acuan dalam membuat kesimpulan. Langkah keempat CPS yaitu menemukan ide-ide (ideas finding) S01 dapat menuliskan ide lebih dari satu, hanya saja tidak semua ide yang dituliskannya dapat digunakan untuk mencari solusi yang dimintas soal. S02 tidak menuliskan ide yang digunakannya untuk menyelesaikan permasalahan. Namun pada saat wawancara, S02 mampu menjelaskan dan menyampaikan ide yang digunakannya. Langkah kelima yaitu menemukan solusi (solution finding), S01 tidak dapat menuliskannya solusi dengan tepat dikarenakan mengalami kesalahan pemahaman pada ide untuk mencari keliling lingkaran dan mengalami kesalahan dalam merubah pecahan desimal ke dalam pecahan biasa. S02 dapat mencari dan menjelaskan solusi yang digunakannya dengan tepat hingga menemukan jawaban yang diinginkan soal. Dalam perhitungannya pun S03 tepat dalam melakukan perhitungan. Langkah keenam yaitu menemukan penerimaan (acceptance finding). S01 mampu menuliskan kesimpulan meskipun ada beberapa kesalahan diakibatkan kesalahan dalam melakukan perhitungan. S01 tidak melakukan pengecekan ulang. S02 mampu menuliskan kesimpulan dengan tepat dan selalu melakukan pengecekan ulang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90618
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository