Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi Universitas Jember)
Abstract
Pelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memperoleh bukti empiris atas
pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemhaman akuntansi pada
mahasiswa jurusan akuntansi, menganalisis dan memperoleh bukti empiris atas
pengaruh perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa
jurusan akuntansi, menganalisis dan memperoleh bukti empiris atas pengaruh
perilaku minat belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa
jurusan akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian kulitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi fakultas ekonomi dan bisnis universitas
jember. Metode pengambilan sampel atau data dalam penelitian ini menggunakan
angket atau kuesioner. Angket atau kuesioner adalah teknik pengimpulan data
yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan
kepada orang lain yang dijadikan responden untuk dijawabnya. Besarnya sampel
dalam penelitian ini adalah 98. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
jenis data primer. Data primer adalah jenis data penelitian yang berupa opini,
sikap, pengalaman atau karakteristik dari seseorang atau sekelompok orang yang
menjadi subyek penelitian atau responden. Variabel dalam penelitian ini ada 2
jenis variabel, yaitu varibel independen dan variabel dependen. Variabel
independen merupakan variabel yang mempengaruhi atau menjadi sebab
perubahannya atau timbulnya variabel dependen.