Pengaruh Penerapan Media Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Sejarah Kelas XI IPS SMAN 1 Srono
Abstract
Proses pembelajaran sejarah di sekolah masih menggunakan metode
pembelajaran konvensional. Studi pendahuluan yang telah dilakukan di SMAN 1
Srono diperoleh nilai mata pelajaran sejarah berdasarkan nilai ujian tengah semester.
Berdasarkan hasil yang diperoleh maka perlu dilakukan peningkatan kualitas
pembelajaran dengan menerapkan media pembelajaran edmodo. Rumusan masalah
dalam penelitian ini adalah: (1) apakah ada pengaruh penerapan media edmodo
terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) apakah ada pengaruh penerapan media
edmodo terhadap hasil belajar peserta didik; (3) apakah ada pengaruh motivasi belajar
peserta didik terhadap hasil belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1)
untuk menganalisis pengaruh penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar
peserta didik; (2) untuk menganalisis pengaruh penerapan media edmodo terhadap
hasil belajar peserta didik; (3) untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar peserta
didik terhadap hasil belajar peserta didik. Manfaat penelitian ini adalah (1) untuk
menambah pengetahuan serta wawasan mengenai media edmodo; (2) sebagai bahan
untuk proses pembelajaran yang menarik serta untuk menambah motivasi; (3) sebagai
bahan masukan dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik; (4) sebagai
referensi untuk penelitian yang berkaitan dengan penerapan media edmodo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dan menggunakan
desain penelitian Pre Experimental Design dengan model One Group Pretest-Posttest
Design yang sesuai dengan tujuan permasalahan dalam penelitian ini. Analisis data
yang digunakan adalah teknik analisis statisktik uji t dua sampel berhubungan untuk
mengetahui pengaruh penggunaan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta
didik diperoleh hasil thitung (15,118) > ttabel (2,03224) dan untuk mengetahui pengaruh
penggunaan media edmodo terhadap hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung
(6,965) > ttabel (2,03224) dan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap
hasil belajar peserta didik diperoleh hasil thitung (7,667) > ttabel (2,032). Pengolahan
data dilakukan dengan batuan aplikasi software SPSS versi 23 for windows.
Hasil penelitian pengaruh penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar
dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 1
Srono tahun pelajaran 2017/2018 menunjukkan hasil bahwa: (1) ada pengaruh yang
signifikan penerapan media edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik; (2) ada
pengaruh yang signifikan penerapan media edmodo terhadap hasil belajar peserta
didik; (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta
didik.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah penerapan media edmodo dapat
mempengaruhi secara signifikan terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta
didik. Motivasi belajar peserta didik juga dapat mempengaruhi hasil belajar peserta
didik pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS di SMAN 1 Srono.
Berdasarkan kesimpulan, saran dari peneliti adalah peserta didik dapat
memahami dan melaksanakan pembelajaran sejarah yang menyenangkan dengan
menggunakan media edmodo, pendidik dan calon pendidik diharapkan dapat
mengembangkan pengetahuan dan memperluas wawasan dalam menggunakan media
edmodo, sekolah diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dengan
menggunakan media edmodo, dan bagi peneliti lain diharapkan dapat
mengembangkan untuk penelitian lebih lanjut yang berkaitan dengan media edmodo.