Show simple item record

dc.contributor.advisorRIJADI, Arief
dc.contributor.advisorWIDJAJANTI, Anita
dc.contributor.authorSO'IMAH, Laela Bharokatus
dc.date.accessioned2019-04-22T08:04:01Z
dc.date.available2019-04-22T08:04:01Z
dc.date.issued2019-04-22
dc.identifier.nim140210402061
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/90577
dc.description.abstractSaat ini, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Jember memiliki mahasiswa yang berasal dari luar negeri, yaitu Thailand. Mereka belajar di PBSI UNEJ dengan mengikuti kurikulum sebagai yang berlaku pada mahasiswa lokal. Salah satu hal yang perlu dicermati adalah penggunaan Bahasa Indonesia mahasiswa Thailand tersebut. Masalah dalam penelitian ini ada dua, yaitu tentang urutan fungsi-fungsi sintaksis dan kategori sintaksis yang menduduki fungsi kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ. Berdasarkan hal tersebut, dirumuskan masalah (1) bagaimanakah pola kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan urutan fungsi sintaksis; dan (2) bagaimanakah pola kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan kategori kata yang menduduki fungsi sintaksis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) pola kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan urutan fungsi sintaksis; dan (2) pola kalimat dalam wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ berdasarkan kategori kata yang menduduki fungsi sintaksis; Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian ini berupa analisis yang akan diuraikan berdasarkan kalimat yang berterima dalam bahasa Indonesia yang diindikasikan mengandung urutan fungsi dan kategori yang menduduki fungsi sintaksis dalam teks wacana narasi. Data tersebut diperoleh dari wacana narasi karya mahasiswa Thailand di PBSI UNEJ. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik penugasan. Teknik analisis data penelitian ini meliputi tiga tahap kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis, ditemukan informasi pola kalimat berdasarkan urutan fungsi sebanyak 6 pola kalimat yaitu, S-P, S-P-O, S-P-Pel, S-P-K, S-P-O-K dan temuan lain. Hasil analisis selanjutnya, yaitu pola kalimat berdasarkan kategori kata yang menduduki fungsi-fungsi kalimat ditemukan sebanyak 5 pola kalimat yaitu, Kl.B, Kl.K, Kl.S, Kl.K-Kl.K, dan Kl.S-Kl.K. Berdasarkan masalah dalam penelitian ini, disarankan beberapa hal berikut: 1) pengajar BIPA hendaknya mampu menjadi motivator dalam pemahaman kognitif, melatih pemahaman menulis, serta latihan-latihan membuat kalimat untuk mahasiswa asing. Hal tersebut dikarenakan, mahasiswa asing kesulitan dalam menentukan dan menggunakan fungsi-fungsi kalimat, seperti penempatan tanda titik, koma, pemilihan kata, dan sebagainya. 2) mahasiswa asing perlu bimbingan untuk memahami dan melatih kemampuan menulis kalimat bahasa Indonesia agar dapat memperbaiki penyusunan kalimat, khususnya dalam segi fungsi dan kategori. 3) peneliti lain yang sebidang ilmu, hendaknya mengembangkan atau menemukan penelitian baru, seperti penggunaan fungsifungsi kalimat atau analisis kesalahan berbahasa.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.subjectPola kalimaten_US
dc.subjectWacana narasien_US
dc.subjectSintaksisen_US
dc.subjectPendidikan Bahasa Indonesiaen_US
dc.titlePola Kalimat dalam Wacana Narasi karya Mahasiswa Thailand di PBSI UNEJen_US
dc.typeUndergraduat Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record