Penerapan Metode Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ips Pokok Bahasan Jual Beli Pada Siswa Kelas III Sdn Klampisan 02 Pare Kediri
Abstract
Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari – hari, terutama anak dalam menghadapi hidup. Melalui pembelajaran IPS, siswa dapat memperoleh pengetahuan, keterampilan sikap, dan kepekaan sosial dalam menghadapi tantangan hidup. Mengingat pentingnya mata pelajaran IPS, pendidik hendaknya meningkatkan proses pembelajaran IPS sehingga siswa memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menggunakan metode yang menarik dalam pembelajaran seperti metode role playing. Pemilihan metode role playing merupakan salah satu metode yang membuat siswa menjadi aktif sehingga pembelajaran yang dilakukan menjadi bermakna bukan hanya mendengarkan dan mencatat saja, tetapi siswa diajak secara langsung untuk mempraktekkan tokoh yang ikut dalam organisasi yang ada di sekolah maupun masyarakat. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Bagaimanakah penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli pada siswa kelas III di SDN Klampisan 02 Pare Kediri tahun ajaran 2018 – 2019?". Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli siswa kelas III di SDN Klampisan 02 Pare Kediri tahun ajaran 2018 – 2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Klampisan 02 Pare Kediri dimulai tanggal 11 Januari 2019 sampai 19 Januari 2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas III yang berjumlah 15 orang, yang terdiri dari 7 siswa laki – laki dan 8 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan ; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas belajar pada tahap pra siklus sebesar 65,27% ( kategori aktif), Pada siklus I aktivitas belajar siswa sudah mengalami peningkatan sebesar 66,90% (kategori aktif) dan aktivitas belajar siswa pada siklus 2 meningkat sebesar 70,47% (kategori aktif). Hasil belajar pra siklus 68,2% ( kategori cukup baik), pada siklus I hasil belajar siswa meningkat menjadi 69,8% ( kategori baik), pada siklus 2 hasil belajar siswa meningkat menjadi 76,73% (kategori baik). Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pada siswa kelas III SDN Klampisan 02 Pare Kediri. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli pada siswa kelas III di SDN Klampisan 02 Pare Kediri tahun ajaran 2018 – 2019. Saran penelitian untuk guru kelas III SDN Klampisan 02 Pare Kediri, sebaiknya menjadikan metode role playing sebagai metode pembelajaran alternatif khususnya dalam mata pelajaran IPS. Saran untuk kepala sekolah, pembelajaran ini dijadikan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran di sekolah sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai serta mutu pendidikan dapat meningkat. Saran untuk peneliti lain, sebaiknya menerapkan metode role playing pada pokok bahasan selain kegiatan jual beli untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di sekolah lainnya.