Penerapan Pendekatan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Sifat-Sifat Segitiga Siswa Kelas v Sdn Sumberanyar 02 Bondowoso
Abstract
Mata pelajaran Matematika di sekolah dasar mengutamakan agar siswa mengenal, memahami, serta mahir menggunakan bilangan dalam kaitannya dengan praktek dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan pada guru kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso pada saat pembelajaran matematika masih menggunakan metode konvensional yaitu ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Siswa cenderung pasif dan hanya mendengarkan penjelasan yang diberikan guru. Hal tersebut menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini didasarkan pada data dokumen nilai ulangan harian siswa pada mata pelajaran matematika terdapat 8 siswa atau 42,10% yang tuntas mencapai KKM (≥ 60) sisanya belum mencapai KKM. Untuk mengatasi hal tersebut guru harus mengatasi permasalahan di atas yaitu memberikan pembelajaran yang lebih bermakna, menarik dan menyenangkan. Upaya untuk meningkatkan pembelajaran Matematika diantaranya dengan menggunakan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Pendekatan matematika realistik merupakan salah satu pendekatan belajar matematika yang dikembangkan untuk mendekatkan matematika kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah penerapan pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat segitiga pada siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? 2) bagaimanakah peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat segitiga dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? 3) bagaimanakah peningkatan hasil belajar yang dicapai siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat segitiga dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso Tahun Ajaran 2017/2018? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah siswa 19 yang terdiri atas 9 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan 2 siklus, siklus I terdiri atas 2 pertemuan dan siklus II terdiri atas 1 pertemuan. Setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data pada penelitian adalah Observasi dan Tes Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menerapkan pendekatan matematika realistik berjalan dengan baik dan lancar. Siklus 1 pada tahap memahami masalah nyata memiliki keaktifan tertinggi dan tahap membuat kesimpulan memiliki persentase keaktifan terendah dan siklus 2 juga pada tahap memahami maslah nyata memiliki persentase keaktifan tertinggi dan tahap membuat kesimpulan memiliki persentase keaktifan terendah. Aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso tahun ajaran 2017/2018 meningkat selama proses pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 22,11%, pada siklus I sebesar 58,24% (kategori cukup aktif) meningkat menjadi 80,35% (kategori sangat aktif) pada siklus II. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 21,06%, pada siklus I sebesar 63,15% meningkat menjadi 84,21% pada siklus II. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumberanyar 02 Bondowoso dalam materi sifat-sifat segitiga. Saran yang diberikan pada pihak sekolah berdasarkan hasil penelitian, pembelajaran dengan menerapkan pendekatan matematika realistik dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, dan bagi peneliti lain dapat dijadikan acuan untuk penelitian lebih lanjut.