dc.description.abstract | Proses pengembangan model pembelajaran kolaboratif Learning Cell berbasis
Brain-Based Learning menggunakan model pengembangan 4-D (four D model)
yang dikemukakan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974. Model
pengembangan 4-D (four D model) terdiri atas 4 tahap, yaitu tahap pendefinisian
(Define), perancangan (Design), pengembangan (Develop), dan penyebaran
(Disseminate). Namun pelaksanaannya hanya menggunakan tiga tahapan, tanpa
menggunakan tahap Disseminate.
Model pembelajaran kolaboratif Learning Cell berbasis Brain-Based Learning
telah melalui tahap validasi produk yang meliputi buku panduan model
pembelajaran, silabus pembelajaran, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP),
dan soal pre-test dan post-test. Validasi produk tersebut menghasilkan
sintakmatik model pembelajaran yang terdiri dari peberian bahan bacaan atau
tugas pembelajaran, pembagian kelompok secara heterogen dengan 4 anggota,
siswa membuat pertanyaan dari materi yang tidak dipahaminya, serta siswa mulai
bertanya pada rekan kelompok sesuai peraturan model. Selain sintakmatik model
pembelajaran kolaboratif Learning Cell berbasis Brain-Based Learning juga
memiliki unsur pendukung yaitu sistem sosial, prinsip reaksi, prinsip pendukung,
dampak instruksional, dan dampak pengiring. | en_US |