Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Berbantuan Software Lectora Inspire Pada Materi Permutasi Dan Kombinasi Kelas XII MAN 1 Jember
Abstract
Kecanggihan teknologi dan informasi perlu dikembangkan dalam
pendidikan. Pemanfaatan perkembangan teknologi diharapkan mampu mendorong
kemajuan ilmu pengetahuan dalam dunia pendidikan, termasuk matematika.
Teknologi dalam pendidikan perlu dikembangkan oleh seluruh komponen
pendidik di indonesia. Dengan adanya perkembangan teknologi dalam
matematika guru sebagai fasilitator dan peserta didik diharapkan mampu
membangun permasalahan matematika dalam kehidupan nyata yang kemudian
dikembangkan dalam bentuk media pembelajaran. Lectora inspire dikenal sebagai
pembuat media pembelajaran. Lectora sebagai media pembelajaran interaktif di
dalamnya memuat kategori tutorial, drill and practice, dan simulasi. Lectora
menyampaikan informasi atau pesan berupa suatu konsep yang disajikan di layar
komputer dengan menggunakan teks, bagan, dan atau grafik. Media pembelajaran
ini dapat digunakan secara langsung tanpa harus menginstall terlebih dahulu pada
PC.
Penelitian pengembangan media pembelajaran berbantuan software lectora
inspire pada materi permutasi dan kombinasi. Hasil dari penelitian ini adalah
mengembangkan suatu produk media pembelajaran matematika berbantuan
aplikasi lectora inspire dan dapat diakses secara online melalui google classroom.
Model yang digunakan adalah model ADDIE yang merupakang singkatan dari
Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation.
Pada tahap analisis kurikulum dimana peneliti menganalisis kurikulum yang
digunakan tiap sekolah. Kurikulum yang digunakan tiap sekolah kebanyakan
adalah kurikulum 2013 (K-13) dan didapatkan sekolah menggunakan kurikulum
2013. Pada tahap ini pula ditemukan bahwa kurangnya pemanfaatan teknologi
sebagai sarana dalam proses belajar. Pada tahap perancangan merupakan tahap
selanjutnya setelah menemukan permasalahan di sekolah MAN 1 Jember