Analisis Perkembangan Bahasa Anak Melalui Metode Bercerita Kelompok B Di TK Dharma Wanita Kaliboto Lor Ii Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Ketika anak masih dalam masa Golden Age, guru harus memberikan
stimulus-stimulus yang tepat agar anak dapat tumbuh dan berkembang baik sesuai
dengan tahapannya. Guru diharapkan memberikan contoh yang baik bagi anak,
karena secara tidak langsung akan ditiru oleh anak. Guru harus memperhatikan
aspek aspek perkembangan anak, salah satunya adalah aspek perkembangan
bahasa, agar anak memiliki kesiapan diri untuk menyesuaikan diri dengan
lingkungannya, karena dengan bahasa pula anak dapat berinteraksi dengan orang
lain. Pada aspek perkembangan bahasa ini terdapat keterampilan yang harus
dikembangkan juga, yaitu keterampilan berbicara karena dengan melatih anak
berbicara dengan baik dan benar merupakan unsur penting untuk membantu anak
berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis
perkembangan bahasa anak melalui metode bercerita kelompok B di TK Dharma
Wanita Kaliboto Lor II Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran
2018/2019. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan temuan penelitian tentang analisis perkembangan bahasa anak
melalui metode bercerita kelompok B di TK Dharma Wanita Kaliboto Lor II
Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2018/2019.
Hasil penelitian yang dilakukan, diketahui bahwa di TK Dharma Wanita
Kaliboto Lor II Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang telah menerapkan
metode bercerita untuk mengembangkan bahasa anak. Selain bercerita kegiatan
tanya jawab dan bercerita kembali juga digunakan guru untuk mengembangkan
kemampuan bahasa anak. Karena dalam observasi yang pernah di TK Dharma
Wanita Kaliboto Lor masih masih ada sebagian anak menggunakan bahasa yang
campuran yaitu bahasa Jawa dan Madura