Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Word of Mouth Dengan Mediasi Kepuasan Konsumen Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar
Abstract
Pariwisata merupakan faktor kunci dalam pendapatan ekspor, penciptaan lapangan pekerjaan, pembangunanan usaha, dan infrastruktur. Peningkatan kualitas layanan sebaik mungkin serta penetapan harga yang sesuai menjadi cara yang efektif untuk menarik konsumen.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan dan harga terhadap word of mouth dengan mediasi kepuasan konsumen Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Objek peneilitian yaitu konsumen Wisata Edukasi Kampung Coklat Blitar. Pendekatan riset yang digunakan pada penelitian ini adalah explanatory research. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan nonprobability sampling dengan cara purposive sampling.
Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, dengan variabel bebas yaitu kualitas layanan dan harga, variabel intervening yaitu kepuasan konsumen dan variabel terikat yaitu word of mouth. Penelitian ini menggunakan data cross section, jenis datanya adalah data kuantitatif, serta berdasarkan cara memperolehnya adalah data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan tidak berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, harga berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, harga berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap word of mouth, kualitas layanan berpengaruh secara tidak langsung terhadap word of mouth melalui kepuasan konsumen, dan harga berpengaruh secara tidak langsung terhadap word of mouth melalui kepuasan konsumen.