Upaya Guru Menambah Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Gerak Dan Lagu Di TK Kartika IV-14 Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018
Abstract
Bahasa merupakan alat komunikasi yang dipergunakan oleh manusia
untuk berinteraksi sosial. Mengingat pentingnya bahasa maka seseorang harus
mempelajari bahasa untuk berkomunikasi. Pembelajaran bahasa perlu dilakukan
sejak anak-anak. Berkomunikasi sehari hari kita menggunakan suatu media yang
disebut dengan bahasa. Bahasa adalah bentuk komunikasi dimana pikiran dan
perasaan seseorang dapat disimbolkan agar dapat menyampaikan sebuah arti
kepada orang lain. Komunikasi merupakan cara untuk menyampaikan ide, pesan,
maksud, perasaan dan pendapat kepada orang lain. Bahasa tidak akan terlepas dari
belajar kosakata, karena kosakata merupakan aspek yang sangat penting dalam
keterampilan berbahasa. Semakin banyak kosakata yang dimiliki maka akan
semakin terampil pula dalam berbahasa. Kosakata dapat meningkatkan
pertumbuhan kegiatan menulis, berbicara, membaca, dan menyimak. Koskata
merupakan komponen yang memuat semua informasi yang berkaitan dengan
permainan kata dalam berbahasa.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut, maka rumusan
masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Upaya Guru Menambah
Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Kelompok B Menggunakan Metode Gerak
dan Lagu di TK Kartika IV-14, Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran
2017/2018. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan upaya
guru dalam menambah kosakata bahasa Inggriss pada anak kelompok B
menggunakan metode gerak dan lagu.
Jenis penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif dengan
model kualitatif. Subjek penelitian adalah seluruh anak kelompok B di TK