Pola-Pola Komunikasi Pelayanan Publik di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan Cabang Jember: Suatu Tinjauan Etnografi Komunikasi
Abstract
Interaksi komunikatif membentuk pola-pola komunikasi yang terjadi dalam
aktivitas masyarakat sebagai individu sosial. Penelitian untuk mengkaji pola
komunikasi dapat melalui kajian linguistik interdisipliner yaitu etnografi
komunikasi. Penelitian etnografi komunikasi ini berlangsung di ranah pelayanan
publik tepatnnya di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang
berada di Kantor Cabang Jember. Dalam badan pelayanan publik ini, akan diungkap
dan dideskripsikan pola komunikasi pada interaksi komunikatif yang terjadi antara
frontliner dan peserta dalam pelayanan pendaftaran peserta baru, pendaftaran bayi
baru lahir, perubahan identitas data atau beda data, dan laporan kematian.
Pada penelitian ini, metode etnografi digunakan sebagai penunjang sarana
dalam menganalisis data. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif. Data yang
menjadi analisis penelitian ini, yaitu berupa transkrip teks percakapan pada
pelayanan yang telah disebutkan. Tahap pengumpulan data, metode yang
digunakan ialah metode observasi atau pengamatan, wawancara mendalam, dan
dokumentasi atau penelusuran dokumen. Pendekatan yang digunakan selama
pengumpulan data adalah pendekatan emik interpretif. Dalam mengecek keabsahan
data, menggunakan teknik triangulasi sumber. Tahap analisis data mencakup
analisis domain, analisis taksonomik, analisis komponensial, dan analisis tema
budaya.