Pengaruh Psychological Capital Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada Supermarket X
Abstract
Supermarket X merupakan salah satu jenis ritel besar modern yaitu
Supermarket yang berdiri di Banyuwangi yang memiliki 3 cabang di kota lain,
perusahaan ini didirikan pada tanggal 23 September 2005. Supermarket ini tidak
hanya menjual garmen, pakaian, sepatu, dan tas, namun juga mencakup seperti
barang-barang kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari, aksesoris, ATK,
fasilitas bermain untuk anak – anak, fasilitas ATM perbankan dan memiliki
parkiran yang luas untuk mobil dan motor. Karyawan ditargetkan untuk memiliki
kinerja yang sesuai dengan tujuan perusahaan supaya tujuan perusahaan tercapai.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh psychological
capital dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Supermarket X
Banyuwangi secara parsial dan simultan. Jenis penelitian menggunakan metode
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 120 karyawan.
Sampel pada penelitian ini adalah 92 karyawan yang didapatkan dengan
menghitung menggunakan rumus slovin. Penelitian ini menggunakan alat analisis
regresi linier berganda dengan SPSS 2.2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
variabel psychological capital dan komitmen organisasi memiliki pengaruh positif
terhadap kinerja karyawan pada Supermarket X Banyuwangi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
antara psychological capital, dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan
pada Supermarket X Banyuwangi