PENGARUH PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PRIMER KOPERASI ANGKATAN DARAT (PRIMKOPAD) YON ARMED 8 JEMBER TAHUN 2013
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penentuan lokasi penelitian
menggunakan metode purposive, sedangkan untuk menentukan responden penelitian
menggunakan metode purposive. Untuk menentukan jumlah responden menggunakan
metode populasi sebanyak 30 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan
terdiri dari metode: angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini
menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, garis regresi sederhana, analisis varian
garis regresi, uji F, dan koefisien determinasi.
vii
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap Kepuasan Pelanggan Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD)
YON ARMED 8 Jember Tahun 2013. Hasil pengolahan data dibuktikan dengan
menggunakan uji F menghasilkan F
hitung
(114,559) > F
(4,196) dengan tingkat
taraf signifikan α = 0.05 > 0.000 dan koefisien determinasi (R
tabel
) sebesar 80,4%
sedangkan sisanya yaitu 19,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak dilakukan dalam
penelitian ini. Faktor lain yang dimaksud yaitu harga, lokasi, produk, dan lain-lain.
square
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pelayanan memberikan
kontribusi yang cukup positif terhadap kepuasan pelanggan pada Primer Koperasi
Angkatan Darat (PRIMKOPAD) YON ARMED 8 Jember. Hal ini dikarenakan
pelayanan merupakan hal yang terpenting yang harus diperhatikan dalam suatu bisnis
usaha seperti yang dijalankan oleh Primer Koperasi Angkatan Darat (PRIMKOPAD)
YON ARMED 8 Jember agar dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Adanya pelayanan yang diberikan kepada pelanggan, maka selain pelanggan merasa
puas juga dapat meningkatkan jumlah pelanggan.