dc.description.abstract | Jembatan adalah sarana prasarana jalan yang sangat dibutuhkan oleh
masyarakat. Pemerintah Kota Lumajang melaksanaan proyek jalan yaitu
perencanaan ulang pembangunan jembatan yang daerahnya berada di Kalidilem,
Randuagung, Kabupaten Lumajang. Jembatan sepanjang 15 meter ini
menghubungkan daerah Kalidilem dan Randuagung mengalami kerusakan akibat
perilaku tanah dasarnya sehingga perlu dilakukan perencanaan ulang jembatan
tersebut.
Tujuan Tugas Akhir ini yaitu untuk mengetahui karakteristik tanah, daya
dukung tanah, dan tekanan tanah lateral di daerah Proyek Pembangunan Jembatan
tersebut guna memenuhi kebutuhan perencanaan ulang pembangunan jembatan
tersebut sehingga perlu adanya penyelidikan tanah. Metode yang digunakan yaitu
mengambil sampel tanah kemudian dilakukan pengujian di laboratorium dengan
pengujian indeks propertis seperti kadar air, berat jenis (spesific gravity), berat isi,
atteberg limit, analisa saringan, analisa hidrometer, dan pengujian mekanis seperti
konsolidasi dan kuat geser langsung. Setelah dilakukan pengujian mengahasilkan
nilai kohesi dan sudut geser di titik 1A sebesar 20,5688 kPa dan 15,69541°, di
titik 1B sebesar 16,5693 kPa dan 22,8554°, di titik 2A sebesar 11,4271 kPa dan
19,3538°, dititik 2B sebesar 11,4271 kPa dan 24,5426°. Untuk hasil pengujian
daya dukung tanah pada titik 1 sebesar 30,1282 ton, dan di titik 2 sebesar 31,6237
ton. Untuk hasil perhitungan tekanan tanah lateral aktif pada titik 1 menghasilkan
tekanan total sebesar 157,599 kN/m, di titik 2 menghasilkan tekanan total sebesar
136,105 kN/m. | en_US |