Hubungan Kemampuan Penalaran Ilmiah dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Seruni 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Keterampilan penalaran ilmiah adalah kemampuan yang membuat siswa
mampu secara sengaja mencari ilmu pengetahuan dan menghubungkan antara apa
yang disampaikan dalam teori dengan apa yang terjadi dalam kenyataan. Siswa
yang memiliki kemampuan penalaran ilmiah yang rendah akan kesulitan
memahami teori dan materi yang diajarkan sehingga akan berdampak pada hasil
belajarnya. Diperlukan kegiatan pembelajaran yang mampu mengembangkan
kemampuan penalaran ilmiah siswa agar siswa tidak memahami materi yang
diajarkan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah “adakah hubungan antara
kemampuan penalaran ilmiah dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01
Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui ada tidak adanya hubungan kemampuan penalaran ilmiah
dengan hasil belajar siswa kelas IV SDN Seruni 01 Jenggawah Jember Tahun
Pelajaran 2018/2019.
Penlitian ini merupakan jenis penelitian korelasional yang menggunakan
pendekatan kuantitatif dengan populasi berjumlah 41 siswa kelas IV SDN Seruni
01 Jenggawah Jember yang semuanya dijadikan sebagai responden penelitian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, digunakan untuk
mengukur kemampuan penalaran ilmiah dan hasil belajar siswa. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji korelasi product moment pearson.