Mutu Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Perspektif Pasien Peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Petugas di Puskesmas Kalisat Kabupaten Jember
Abstract
Permenkes No. 28 Tahun 2014 menyebutkan bahwa fasilitas kesehatan
tingkat pertama yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan untuk peserta JKN
salah satunya adalah Puskesmas. Puskesmas Kalisat memiliki jumlah kepesertaan
JKN terbanyak diantara FKTP tingkat puskesmas di Jember. Namun berdasarkan
hasil penelitian yang dilakukan oleh Bappeda tentang Penyusunan Tingkat
Kepuasan Masyarakat Bidang Kesehatan tahun 2017, Puskesmas Kalisat memiliki
nilai IKM paling rendah dari puskesmas yang ada di Jember. Selain itu
Berdasarkan studi pendahuluan jumlah tenaga dokter di Puskesmas Kalisat terdiri
dari 1 dokter umum dan 2 dokter gigi. Keberadaan dokter umum juga merangkap
sebagai Kepala Puskesmas. Sedangkan rasio dokter dengan peserta idelanya
1:5.000 untuk mencegah kapasitas yang berlebih. Fasilitas fisik bangunan
Puskesmas Kalisat kurang memadai untuk menampung jumlah masayarakat yang
cukup besar dan terlihat dari lokasi parkir yang saat ini masih meminjam tempat
di Perhutani karena terbatasnya lahan di Puskesmas Kalisat. Terdapat keluhan dari
hasil kotak saran terkait waktu tunggu saat pengobatan, komunikasi atau
keramahan yang diberikan keluarga pasien, petugas kesehatan yang datangnya
tidak sesuai dengan ketentuan dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan
mengidentifikasi mutu layanan kesehatan dari perspektif pemberi layanan
kesehatan, administrator layanan kesehatan dan pasien peserta JKN di Puskesmas
Kalisat.
Collections
- UT-Faculty of Public Health [2227]