IMPLEMENTASI PEMASARAN PRODUK E-COMMERCE (STUDI PADA CAFEBISNIS.COM)
Abstract
Cafebisnis.com merupakan sebuah situs e-commerce yang menjual produk
dalam layanan jasa dalam bentuk digital. Sebagai sebuah situs e-commerce,
cafebisnis.com tentu melakukan upaya pemasaran untuk mendatangkan pelanggan
dan menghasilkan penjualan atas produknya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui bagaimana implementasi pemasaran produk e-commerce yang
dilakukan cafebisnis.com.
Berdasarkan permasalahan dan tujuan penelitian maka tipe penelitian ini
adalah penelitian yang bersifat deskriptif yang didasarkan pada paradigma
kualitatif. Metode kualitatif digunakan untuk mendapatkan data yang mendalam
atau suatu data yang mengandung makna, artinya adalah mencari makna data
yang sebenarnya.
Deskripsi penelitian ini memperoleh hasil bahwa pemasaran produk yang
dilakukan cafebisnis.com dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu, personal
branding, menciptakan produk, membuat website, promosi penjualan dan
pengembangan produk. Beberapa tahapan yang dilakukan tersebut membuat
cafebisnis.com menempati peringkat atas pada halaman pertama hasil pencarian di
Google Indonesia dengan beberapa kata kunci. Artinya, pada posisi tersebut,
cafebisnis.com mudah ditemukan oleh konsumen melalui mesin pencari.
Kesimpulan dari deskripsi ini adalah pemasaran produk yang dilakukan
cafebisnis.com dimulai dari penciptaan citra melalui personal branding, kemudian
menciptakan produk yang sudah dikenal oleh konsumen, membuat website untuk
mendatangkan pengunjung, promosi penjualan yang menggunakan program
affiliasi dan produk gratis serta pengembangan produk sebagai cara untuk
mempertahankan pelanggan.