• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Media Kartu Bergambar terhadap Kemampuan Berhitung Anak Kelompok B di TK ABA Tepeh Lor Kecamatan Tempeh Kbupaten Lumajang Tahun Ajaran 2017/2018

    Thumbnail
    View/Open
    Adinda Fuadilah Al Khumairoh - 140210205033_1.pdf (2.383Mb)
    Date
    2019-03-28
    Author
    KHUMAIROH, Adinda Fuadilah Al
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Salah satu aspek perkembangan anak usia dini adalah aspek kognitif. Kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan anak yang harus dikembangkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti. Piaget (dalam Yuliati 2012:106) menyatakan bahwa salah satu kompetensi yang yang harus dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif khususnya kemampuan berhitung . Di TK ABA Tempeh Lor Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, kemampuan berhitung anak kurang berkembang dengan baik. Hal ini dapat ditemukan pada saat pembelajaran di TK ABA Tempeh Lor Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang yang belum bisa menguasai kemampuan berhitung. Beberapa masalah yang didapati dalam proses pembelajaran di TK ABA Tempeh Lor Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang seperti : (1) Anak-anak masih agak sulit membilang bilangan 1-20; (2) Anak-anak hanya mampu menyebutkan nama bilangan tanpa mengetahui lambang bilangan yang disebutkan; (3) Kemampuan berhitung pada anak masih belum merata, kebanyakan dari mereka masih belum bisa menambahkan bilangan ataupun mengurangi bilangan dan; (4) Media yang digunakan dalam pembelajaran berhitung di TK ABA Tempeh Lor kurang menarik karena media yang digunakan hanya berupa potongan-potongan kartu angka, sehingga anak-anak kurang tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran yang ada kaitannya dengan bilangan. Hal ini tentu menjadi persoalan, mengingat perkembangan kognitif yang menyangkut tentang berhitung pada anak biasa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89904
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15466]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository