Show simple item record

dc.contributor.advisorAnam, Khairul
dc.contributor.advisorFibriani, Ike
dc.contributor.authorFITRIA, Yuhan
dc.date.accessioned2019-03-28T03:18:56Z
dc.date.available2019-03-28T03:18:56Z
dc.date.issued2019-03-28
dc.identifier.nimNIM151903102036
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89896
dc.description.abstractKeberadaan jembatan sangat dibutuhkan untuk mereka yang tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, yakni wilayah yang terpisah oleh sungai, jurang, tebing ataupun laut. Pada satu sisi keberadaan jembatan terkadang menjadi penghalang untuk alat transportasi lainnya, yaitu kapal besar yang akan melintasi sungai ataupun laut dalam perjalanannya yang sering kali terhalang oleh jembatan. Guna untuk memudahkan pelayaran kapal besar inilah, diperlukan jembatan yang dapat bergerak. Prototipe jembatan bergerak dengan jenis jembatan terbuka atau bascule bridge ini dibagi menjadi 2 bagian utama, yakni bagian jembatan dan bagian kapal. Komponen yang terdapat pada jembatan dikendalikan oleh Arduino Mega 2560 sebagai mikrokontroler yang berfungsi sebagai pemroses data masukan dan perintah. Pada bagian jembatan terdiri dari 2 buah sensor Infrared sebagai pemicu untuk menaikkan dan menurunkan jembatan secara otomatis, 2 buah Load Cell sebagai pendeteksi kekosongan jembatan dari alat transportasi darat, 4 buah portal sebagai penggerak jembatan dan portal jembatan agar dapat naik dan turun, sebuah NRF24L01 sebagai komunikasi jarak jauh dengan kapal besar, 4 buah LCD dan sebuah buzzer yang berfungsi sebagai proteksi untuk pengguna jembatan. Sedangkan pada kapal mikrokontroler yang digunakan adalah Arduino Nano dan terdapat NRF24L01 sebagai komunikasi jarak jauh dengan jembatan. Ketika kapal besar menuju jembatan, secara otomatis count down kedatangan kapal akan ditampilkan pada LCD 1 & 2 untuk peringatan pada transportasi darat bahwa jembatan akan segera ditutup. Setelah kapal memasuki area jembatan dan menyentuh sensor Infrared, portal menutup dan buzzer berbunyi secara otomatis. Ketika pada jembatan masih terdapat kendaraan, LCD 3 & 4 akan menampilkan peringatan pada kapal utnuk menunggu. Setelah jembatan kosong, jembatan akan naik membentuk sudut 90° dan akan kembali membentuk sudut 180° ketika kapal telah melewati jembatan.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries151903102036;
dc.subjectBuka Tutupen_US
dc.subjectBascule Bridgeen_US
dc.subjectArduino Megaen_US
dc.titlePrototipe Sistem Buka Tutup Bascule Bridge Otomatis untuk Perlintasan Kapal Berbasis Arduino Megaen_US
dc.typeDiploma Reporten_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record