• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN METAKOGNISI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIABEL

    Thumbnail
    View/Open
    Skripsi_Reny Martyastutik_001.pdf (306.0Kb)
    Date
    2013-09-05
    Author
    RENY MARTYASTUTIK
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan prasyarat mutlak untuk mencapai tujuan pembangunan. Salah satu wahana untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut adalah pendidikan. Matematika mempunyai peran penting dalam berbagai disiplin dan memajukan daya pikir manusia. Untuk mengetahui kemampuan berpikir, seorang guru harus mengenal masing-masing siswa didiknya. Metakognisi merupakan kemampuan untuk mengetahui proses berpikir siswa dan bagaimana siswa memantau dan mengatur pikiran mereka ketika menyelesaikan soal matematika. Metakognisi sering dijumpai ketika seseorang menghadapi suatu masalah. Oleh karena itu, sebagai seorang pendidik kita harus memperbaiki proses belajar mengajar, adapun hasil belajar tersebut dapat diketahui yaitu dengan mengadakan evaluasi atau penilaian. Untuk itu, diperlukan acuan untuk mengembangkan perangkat penilaian metakognisi. Dengan perangkat ini, guru akan lebih mengenal kemampuan siswa dan dapat mengetahui kelemahan siswa serta perilaku metakognisi siswa terutama dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Pengembangan Instrumen ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui proses dan kemampuan berpikir siswa dan hasil pengembangan instrumen penilaian metakognisi siswa. Instrumen ini terdiri dari 25 butir pernyataan yang memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis. Uji coba ini dilakukan di SMP Negeri 05 Tanggul kelas VII yang berjumlah 30 siswa yang diambil 6 orang setiap kelas pada hari sabtu, 19 Nopember 2011 serta 3 orang guru mata pelajaran matematika. Penelitian pengembangan ini menggunakan Metode Plomp yang terdiri dari 5 fase. Fase yang pertama adalah fase investigasi awal yaitu mencari informasi tentang manfaat serta pentingnya metakognisi bagi siswa. Dilanjutkan dengan fase desain yakni membuat kisi-kisi instrumen penilaian, membuat lembar validasi instrumen penilaian, membuat pedoman angket untuk guru, membuat tes berupa soal cerita pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu varibel yang akan diberikan ke siswa untuk divalidasi. Fase berikutnya adalah fase realisasi (konstruksi). Setelah melakukan fase desain maka ditentukan 25 butir pernyataan yang mengungkapkan kemampuan metakognisi siswa yang merupakan instrumen penilaian metakognisi awal. Setelah fase konstruksi dilalui, dilakukan fase tes, revisi, dan evaluasi yang terdiri dari 2 kegiatan utama yaitu validasi instrumen yang dilakukan oleh 3 validator (ahli) terhadap instrumen penilaian metakognisi siswa dan uji coba instrumen yang telah divalidasi.. Hasil validasi berupa koefisien validitas pada instrumen penilaian metakognisi berdasarkan kejelasan bahasa sebesar 0,9333 dan berdasakan validasi konstruk sebesar 0,9397. Selanjutnya pada fase implementasi yaitu penarikan kesimpulan dari fase sebelumnya, yaitu diperoleh instrumen yang diinginkan berupa 25 item pernyataan yang mencerminkan proses berpikir siswa sebelum menyelesaikan soal, selama menyelesaikan soal, setelah menyelesaikan, dan menggunakan cara lain dalam menyelesaikan soal. Kemudian koefisien reliabilitas yang dihasilkan pada instrumen penilaian metakognisi siswa SMP sebesar r ll = 0,8189. Persentase kepraktisan pada instrumen penilaian metakognisi siswa SMP sebesar 100%. Prototipe akhir yang didapat dari penelitian pengembangan ini adalah instrumen penilaian metakognisi siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada pokok bahasan persamaan dan pertidaksamaan linier satu variabel yang telah memenuhi kriteria valid, reliabel, dan praktis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/898
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository