Show simple item record

dc.contributor.advisorYULIATI, Nanik
dc.contributor.advisorKHUTOBAH
dc.contributor.authorJANNAH, Shofilatul
dc.date.accessioned2019-03-04T02:12:09Z
dc.date.available2019-03-04T02:12:09Z
dc.date.issued2019-03-04
dc.identifier.nimNIM140210205056
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/89709
dc.description.abstractPendidikan Anak Usia Dini diharapkan dapat mengembangkan seluruh potensi anak, meliputi pengembangan moral dan nilai-nilai agama, fisik, sosial, emosional, bahasa, kognitif, seni, menguasai sejumlah pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan perkembangan, serta memiliki motivasi dan sikap belajar untuk berkreasi. Metode yang menyenangkan dan menggunakan media ketika pembelajaran akan memudahkan anak dalam mencapai tujuan dari program PAUD. Media balok cuisenaire dapat menjembatani pembelajaran pengenalan bilangan pada anak. Kemampuan kognitif anak bisa diukur ketika anak berhasil mengenal bilangan yang semula belum bisa dan menjadi bisa. Tidak semua anak memiliki kemampuan kognitif yang optimal, karena setiap anak memiliki karekteristik kemampuan kognitif yang berbeda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “adakah pengaruh media balok cuisenaire terhadap pengenalan bilangan pada anak kelompok A di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media balok cuisenaire terhadap pengenalan bilangan pada anak kelompok A di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan pola eksperimental semu (Quasi Experimental) dengan pola penelitian Non-Equivalent Control Group. Lokasi yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan tes. Uji validitas dan uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Tata Jenjang atau Spearman’s rho sedangkan uji reliabilitas menggunakan metode belah-dua atau “Split-half. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus t-test, karena metode yang digunakan yaitu eksperimen dengan menggunakan data kuantitatif dan mengambil data dari sampel yang terpisah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dengan menggunakan uji t-test diperoleh hasil thitung sebesar 4,289. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan ttabel. Diketahui df = n-2 (30-2) = 28 pada taraf signifikansi 5%, sehingga ttabel = 2,048. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil thitung > ttabel (4,289 > 2,048). Jadi hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima yang artinya ada pengaruh penerapan media balok cuisenaire terhadap pengenalan bilangan 1-10 pada anak kelompok A di TK Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember. Beberapa saran yang dapat disampaikan dari hasil penelitian ini adalah Hendaknya kegiatan pembelajaran menggunakan media yang menarik agar anak tertarik untuk belajar, karena hal tersebut memiliki pengaruh besar terhadap tingkat keberhasilan pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan media balok cuisenaire dalam program pembelajaran pengenalan bilangan sehingga tujuan dari program pembelajaran tersebut bisa tercapi secara optimal. Saran untuk peneliti, ukuran media balok cuisenaire perlu diperbaiki, yaitu mengenai jarak antara tiaptiap batang serta ukurannya. Saran untuk peneliti selanjutnya, apabila melakukan penelitian yang sejenis hendaknya media balok cuisenaire diperbaiki mengenai ukuran dan jaraknya selain itu juga perlu dimodifikasi supaya dapat meningkatkan berbagai aspek perkembangan lainnya.en_US
dc.language.isoiden_US
dc.relation.ispartofseries140210205056;
dc.subjectMedia Balok Cuisenaireen_US
dc.subjectPengenalan Bilanganen_US
dc.titlePengaruh Penerapan Media Balok Cuisenaire Terhadap Pengenalan Bilangan 1-10 Pada Anak Kelompok A di Tk Ilmu Al-Qur’an Kaliwates Jember tahun Pelajaran 2017/2018en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record