Pengaruh Daya Tarik Iklan dan Harga Serta Citra Merek Terhadap Minat Beli Produk Indomie Real Meat Pada Mahasiswa s1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember
Abstract
Kebutuhan manusia saat ini cenderung menginginkan praktis dan efisien,
dampaknya tidak sedikit permintaan terhadap produk instan. Salah satu produk
instan yang beredar dipasar dan sekaligus memiliki pasar yang sangat potensial
adalah produk mie instan. Indonesia berada pada peringkat kedua setelah China
dalam mengkonsumsi mie instan berdasarkan data permintaan konsumsi mie
instan tertinggi secara global yang dikeluarkan oleh World Instant Noodles
Association (WINA). Salah satu merek produk mie instan di Indonesia adalah
Indomie. Indomie diproduksi oleh PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk, sejak
tahun 2016 lalu meluncurkan produk baru mie instan kategori premium yaitu
Indomie Real Meat. Indomie Real Meat memiliki komposisi Real Meat atau
daging asli, bentuk mie yang lebih pipih, harga yang lebih mahal serta teknologi
retort yang digunakan dalam proses produksi. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui dan menguji pengaruh Daya Tarik Iklan dan Harga serta Citra Merek
terhadap Minat Beli. Penelitian ini dilakukan di Jember, penelitian ini berjalan
selama kurang lebih 1 bulan.
Penelitian ini adalah explanatory research. Penelitian ini dilakukan dengan
memilih responden mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas
Jember. Mahasiswa S1 Fakultas dan Bisnis Universitas Jember dibagi menjadi
tiga jurusan yaitu, Akuntansi, Ilmu Ekonomi Studi Pembangunan dan Manajemen.
Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kuantitatif. Data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Data primer diperoleh dari
hasil jawaban dengan menggunakan teknik kuesioner pada 130 responden
penelitian yang ditentukan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan
metode purposive sampling dan dialokasikan secara proportional. Alat analisis
yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda pendekatan
konfirmatori.
Berdasarkan hasil analisis penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel Daya Tarik Iklan berpengaruh signifikan
terhadap Minat Beli produk Indomie Real Meat. Artinya konsumen berminat
membeli produk Indomie Real Meat karena tayangan iklan menarik. 2) Hasil
penelitian menunjukkan bahwa variabel Harga berpengaruh signifikan terhadap
Minat Beli produk Indomie Real Meat. Artinya harga yang di tawarkan produk
Indomie Real Meat bersaing dengan produk mie instan lainnya dengan standar
mie instan premium. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek
berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli produk Indomie Real Meat. Artinya
teknologi retort dalam kemasan produk Indomie Real Meat sangat inovatif.